Tertimbun Longsor, Jalur Padang-Bukittinggi Lewat Malalak Ditutup


Sabtu, 12 Desember 2020 - 17:54:15 WIB
Tertimbun Longsor, Jalur Padang-Bukittinggi Lewat Malalak Ditutup Petugas melakukan perbaikan pada jalan yang tertimpa longsor. (Foto: ANTARA)

RIAUIN.COM - Ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kota Padang menuju Bukittinggi, Sumatera Barat, tepatnya di Bukik Apiak, Jorong Limo Badak, Nagari Malalak Utara, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, terputus untuk sementara waktu akibat tertimbun material longsor sejak, Kamis (10/12/2020) pagi.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Syafrizal di Lubuk Basung, Sabtu (12/12/2020), mengatakan arus lalu lintas untuk sementara dialihkan ke Padang Panjang.

Material tanah longsor berbatuan itu masih menimbun badan jalan, sehingga jalan ditutup," katanya.

Ia mengatakan, jalan itu kembali dibuka setelah material tanah longsor selesai dibersihkan. Pembersihan material menggunakan dua alat berat jenis excavator dan loader milik Dinas Pekerja Umum dan Penataan Ruang Sumbar.

"Longsor masih terjadi, karena material berasal dari berbatuan yang mudah turun," katanya.

Dengan kondisi itu, Syafrizal mengimbau pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan saat melewati daerah tersebut dengan cara mencari lokasi aman dan tidak melanjutkan perjalanan saat hujan.

"Segera berhenti di lokasi aman saat hujan melanda daerah itu," katanya.-dan