Meningkat, Harga Karet Petani Kuansing Pekan Ini Hampir Rp11 Ribu Per Kilogram


Senin, 07 Desember 2020 - 18:54:53 WIB
Meningkat, Harga Karet Petani Kuansing Pekan Ini Hampir Rp11 Ribu Per Kilogram Bupati Kuansing Mursini meninjau lokasi pelelangan karet di Desa Lubuk Terentang, Kecamatan Gunung Toar./foto:hendri.

RIAUIN.COM - Pekan ini harga karet petani di sejumlah wilayah di Kabupaten Kuansing terus mengalami peningkatan. Bahkan hasil lelang, Ahad (6/12/2020) harga karet yang dibeli dari petani nyaris menyentuh angka Rp11 ribu per kilogram. 

"Hasil lelang Bokar pada Asosiasi Petani Karet Kuantan Singingi (Apkarkusi) tanggal 6 Desember 2020 kemarin ditetapkan sebesar Rp10.927 per kilogram," kata Kadis Perindagkop Kuansing, Azhar kepada Riauin.com, Senin (7/12/2020).

Harga pekan ini, kata Azhar, meningkat Rp152 per kilogram dibanding dari harga lelang pekan lalu.

Diterangkan Azhar, perusahaan pemenang lelang karet Minggu kemarin adalah PT Wipolimex dengan harga penawaran tertinggi sebesar Rp10.927 per kilogram. 

Sementara itu, Bupati Kuansing Mursini disela sela kunjungannya ke lokasi pelelangan karet di Desa Lubuk Terentang, Kecamatan Gunungtoar,  Senin (7/12/2020) pagi mengaku bersyukur dengan terusnya adanya kenaikan harga keret dari pekan ke pekan. 

"Semoga petani menikmati harga yang lumayan tinggi ini. Inilah keuntungannya jika petani kita di Kuansing bergabung dengan Apkarkusi, karena bisa langsung ikut lelang," ujar Mursini. 

Bupati berharap agar harga karet petani terus mengalami kenaikan sehingga seluruh petani karet Kuansing bisa terangkat perekonomiannya.--hen.