Peluang Bagi Anak Riau, Blok Rokan, Kampar dan Siak Segera Dikelola Pemerintah


Senin, 07 Desember 2020 - 16:31:02 WIB
Peluang Bagi Anak Riau, Blok Rokan, Kampar dan Siak Segera Dikelola Pemerintah Blok Rokan yang selama ini dikelola swasta akan diserahkan ke pemerintah./foto: internet.

RIAUIN.COM - Kesempatan berkarir bagi anak-anak Melayu Riau. Dalam waktu dekat, Pemprov Riau akan menerima penyerahan 3 blok minyak, yaitu Blok Rokan, Blok Kampar dan Blok Siak.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau (Sekdaprov) Yan Prana Jaya, berpesan kepada mahasiswa agar menyiapkan dirinya dengan meningkatkan kemampuannya untuk dapat bekerja di blok minyak yang ada di Provinsi Riau tersebut. Pihaknya yakin sumber daya manusia (SDM) yang baik dan sumber daya alam (SDA) yang besar, Provinsi Riau akan menjadi pusat perhatian di Indonesia maupun internasional.

"Sekiranya nanti adek- adek mahasiswa harus persiapkan diri hingga nanti kita membuka penerimaan, saya sudah mengatakan kepada direksi Pertamina agar menerima anak-anak lokal supaya bisa diterima bekerja di sana," terangnya di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, usai penyerahkan beasiswa bagi 4.104 mahasiswa berprestasi di Riau, Senin (7/12/2020).

Dengan adanya program ini, pihaknya berharap dari SDM dan tenaga kerja dari Provinsi Riau dapat bersaing dan berkompetisi dengan tenaga kerja yang berasal dari Provinsi lain. 

Ia juga berharap, segenap elemen masyarakat Riau dan universitas/perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau untuk memberikan sumbangsih terhadap negeri ini dengan hal yang positif untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan meraih kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau telah menyalurkan beasiswa dari tahun 2014-2020 yang disalurkan kepada mahasiswa berprestasi dan mahasiswa dari keluarga ekonomi yang kurang mampu.

"Jumlah penerima beasiswa pada perguruan tinggi yang melanjutkan dari SMK ke Perkuliahan, S1 melanjutkan jenjang ke S 2, S2 yang melanjutkan ke S3, total penerimaan beasiswa dari APBD murni 2020 sebanyak 4104 orang," pungkasnya.--mcr/nal.