KPU Bengkalis Gelar Simulasi Perhitungan Suara di Masa Pandemi


Sabtu, 21 November 2020 - 17:55:34 WIB
KPU Bengkalis Gelar Simulasi Perhitungan Suara di Masa Pandemi KPU Bengkalis gelar simulasi proses pemilihan suara saat pandemi.

RIAUIN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara serta rekapitulasi hasil suara di TPS, dengan mengutamakan penerapan protokol kesehatan, Sabtu (21/11/2020).

Simulasi tersebut lebih mengutamakan memakai masker, mencuci tangan, cek suhu, pakai sarung tangan plastik dan juga jaga jarak. Selama pelaksanaan pemungutan suara petugas maupun masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan.

Ketua KPU Kabupaten Bengkalis Fadillah Al Mausuly mengatakan, tujuan simulasi untuk memberikan pelatihan atau pendidikan kepada penyelenggara, teknis bagaimana cara pemungutan dan perhitungan suara serta rekapitulasi hasil perhitungan suara di TPS dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Pelatihan ini juga akan berlanjut ditingkat PPK, ke PPS dan dilanjutkan KPPS, kita berharap dengan adanya simulasi seperti ini, pelaksanaan Pilkada di Bengkalis berjalan sesuai dengan harapan kita bersama. Tentunya segala kegiatan pelaksanaan Pilkada tahun ini, harus mengutamakan protokol kesehatan, terutama kami ingatkan kepada semua petugas Pilkada,” ujarnya.

Sementara itu Penjabat Bupati Bengkalis diwakili Kepala Kesbangpol Kabupaten Bengkalis Hermanto Baran mengatakan, pesan dari Pj Bupati Bengkalis untuk pelaksanaan Pilkada harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Kita tidak ingin pelaksanaan Pilkada tahun ini menjadi klaster penambahan kasus Covid-19,”tuturnya.

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan  mengatakan, pihaknya siap untuk menurunkan anggota untuk pengamanan Pilkada di Bengkalis.

“Kami sudah siapkan anggota untuk pengamanan Pilkada dan terus mengingatkan kepada anggota Polri agar disiplin dengan protokol kesehatan,” kata Kapolres.***