Kepala Suku Talang Mamak Temui Kapolres Inhu, Ini yang Disampaikannya


Kamis, 19 November 2020 - 21:25:09 WIB
Kepala Suku Talang Mamak Temui Kapolres Inhu, Ini yang Disampaikannya Puluhan warga suku Talang Mamak menemui Kapolres Inhu untuk menyampaikan terima kasih karena 2 orang anak-anak mereka diterima jadi polisi./foto:agus.

RIAUIN.COM - Sebanyak 15 orang warga suku Talang Mamak yang terdiri Batin (kepala suku), tokoh adat, tokoh pemuda, sejumlah perempuan bahkan ada anak-anak mendatangi Polres Inhu, Kamis (19/11/2020).

Kedatangan meraka sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Kapolres Inhu, AKBP Efrizal dan keluarga besar Polres Inhu atas kelulusan 2 anak suku Talang Mamak dari Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat atas nama Andika Swanda dan Anto menjadi polisi tahun ini. Keduanya sekarang sedang menjalani pendidikan di Sekoah Polisi Negara (SPN) Pekanbaru.

"Atas nama Batin suku, ketua adat, saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Inhu, karena telah membimbing dua anak kami menjadi polisi," kata Batin Denan di hadapan Kapolres Inhu beserta Pejabat Utama (PJU) Polres Inhu.

Tokoh Pemuda Talang Jerinjing Sudirman mengatakan, langkah yang sudah ditempuh Andika Swanda dan Anto akan menjadi motivasi serta pemicu semangat bagi kalangan pemuda suku Talang Mamak lainnya.

"Ini sejarah bagi kami, sudah 75 tahun Indonesia merdeka baru kali ini ada dua orang anak suku Talang Mamak yang menjadi polisi," ucapnya.

Kapolres Inhu AKBP Efrizal mengatakan, Andika Swanda dan Anto anak suku Talang Mamak telah berhasil lulus polisi, dan sudah sah menjadi bagian keluarga besar Polri.

Diungkapkan Kapolres, ini bukti nyata jika proses seleksi pemerimaan anggota Polri sekarang ini betul-betul bersih dan transparan. Diharapkan penerimaan Polri berikutnya akan lebih banyak lagi anak suku Talang Mamak masuk polisi.

"Suatu kebanggaan bagi saya sebagai Kapolres, dimasa jabatan saya ada 2 anak suku Talang Mamak yang lulus jadi polisi, hal ini juga menjadi kebanggan tersendiri bagi orang tua, tokoh adat dan masyarakat suku Talang Mamak," katanya.

Usai menyampaikan ucapan terimakasih, belasan warga suku Talang Mamak menggelar kesenian silat adat suku Talang Mamak sebagai bentuk ucapan terima kasih, tidak hanya bersilat mereka juga membawa peralatan musik tradisional.

Selanjutnya warga suku Talang Mamak ini memberikan ayam kepada Kapolres serta berbagai jenis hasil kerajinan tangan khas suku Talang Mamak seperti tikar, bakul dan lainnya.--agus.