Sempat Tutup Akibat Corona, Istana Siak Kembali Dibuka untuk Wisatawan


Ahad, 15 November 2020 - 22:27:35 WIB
Sempat Tutup Akibat Corona, Istana Siak Kembali Dibuka untuk Wisatawan Istana Siak kembali dibuka untuk wisatawan, setelah ditutup beberapa bulan akibat Corona.

RIAUIN.COM - Sempat ditutup karena Corona (Covid-19), Istana Assereyah Al Hasyimiah, biasa disebut Istana Siak di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, kembali dibuka untuk wisatawan yang ingin melihat koleksi peninggalan bersejarah.

"Kenapa dibuka karena sayang ini tak dimanfaatkan, tapi tetap dengan protokol kesehatan. Operasi yustisi juga tetap dilakukan. Kita lihat satu pekan ini apa dampaknya," kata Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Siak, Indra Agus Lukman, Ahad (15/11/2020).

Menurutnya, banyak warga yang menuju ke Bengkalis maupun Dumai tapi tidak bisa menikmati Istana Siak. Kebanyakan pengunjung hanya bisa berfoto di depan pagar istana tersebut karena pintu masuk yang masih terkunci.

Indra menambahkan, objek wisata lainnya yang berada di sejumlah kecamatan di Siak juga direkomendasikan untuk dibuka. Seperti Agrowisata persawahan di Bungaraya maupun wisata Mangrove di Sungai Apit.

Kepala Seksi Destinasi Dinas Pariwisata Siak, Efendi menyampaikan pihaknya menyiapkan fasilitas cuci tangan yang lengkap dengan sabun di sejumlah tempat. Diantaranya di depan konter tiket, dalam pagar istana dan di pintu keluar. 

Sejumlah baliho himbauan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan juga dipasang di beberapa titik strategis. Thermo gun, alat pengukur suhu badan juga sudah ada lengkap dengan petugas -petugasnya.

"Istana juga sudah kita semprot dengan cairan disinfektan," ujar Efendi.

Tidak hanya istana, Efendi mengatakan juga sudah mengatur lokasi bagi pedagang kakilima. Seiring dengan dibukanya istana Siak para pedagang di sekitaran lokasi pun disuruh kembali berdadang. "Agar ekonomi masyarakat kita ini pulih kembali," imbuhnya.--vie.