Tanpa Sogok Menyogok, 292 Peserta Dinyatakan Lulus Bintara Polri di Riau


Sabtu, 14 November 2020 - 14:35:30 WIB
Tanpa Sogok Menyogok, 292 Peserta Dinyatakan Lulus Bintara Polri di Riau Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi memimpin sidang kelulusan Bintara Polri 2020.

RIAUIN.COM - Sebanyak 292 peserta dinyatakan lulus seleksi akhir penerimaan Bintara Polri tahun 2020 di Provinsi Riau. Dari 292 yang lulus, 266 adalah laki-laki dan 26 perempuan.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi SH SIk MSi memimpin sidang kelulusan Bintara Polri 2020, bertempat  di Gedung Ghara Bhayangkara SPN Polda Riau Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang Km 29 Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Jumat (13/11) malam.

“Saya ucapkan selamat atas kelulusan casis bintara Polri. Saya membuktikan seleksi ini transparan, tanpa sogok menyogok. Peserta yang dari jalur khusus menampilkan keahliannya untuk meyakinkan saya bahwa rekrutmen ini transparan. Semoga hasil seleksi ini menjadi insan Bhayangkara yang baik," ujar Kapolda. 

Agung menegaskan, di lembaga Sekolah Polisi Negara (SPN) Bintara yang baru lulus akan dididik, mulai merubah perilaku, perasaan, hati, dan harapan untuk menjadi polisi.

“Disini bukan tempat bersenda gurau, ini adalah tempat merubah mental dan menjadikan Bhayangkara sejati. Bintara Polwan segera lakukan tes kesehatan (uji swab) sebelum berangkat pendidikan di Jakarta. Selamat bergabung di kepolisian, kami dibentuk untuk menolong masyarakat," jelasnya.

Selama mengikuti pendidikan, lanjut Kapolda, tidak ada bayar membayar, semua sarana dan prasarana sudah ditanggung negara. 

"Saya harap itu digunakan dengan sebaik-baiknya. Berdoa dan minta doa restu orangtua. Karena berkat mereka,  Anda berada di sini. Selamat bergabung menjadi Polri," tutup Irjen Agung.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kombes Pol Nurworo Danang menjelaskan, sidang digelar setelah pihaknya menerima kuota dari Mabes Polri.

"Kuota didik kita tahun ini berjumlah 292 dengan rincian pria 266 dan wanita 26," terang Danang.

Sistem penilaian ataupun norma kelulusan yaitu psikologi di x 35 persen,  jasmani di x 25 persen, akdemik 40 persen. 

"Apa yang dicapai ini adalah hasil murni yang casis dapatkan, apabila ada pihak yang bisa mengaku untuk meluluskan segera laporkan kepada pihak kepolisian, kita tindak tegas. Ini adalah hasil maksimal yang casis lakukan," ujarnya.

Dari data hasil kelulusan akhir Panitia Daerah (Panda) Polda Riau yang berjumlah 317 orang  ( P : 266 W: 51). lulus terpilih 292 ( P: 266 W:26), lulus tidak terpilih 25 ( W:25)

Dari kelulusan tersebut, lanjutnya, dibagi kriteria Bintara Polisi Tugas Umum berjumlah 213 orang (pria 195 dan wanita 18), Bintara Kompetensi Khusus 51 orang dinyatakan lulus semua diantaranya, 
- Bakomsus Polair : 2 Org
- Bakomsus TI : 41 Org
- Bakomsus penyidik  : 2 org
- Bakomsus Agama : 3 Org
- Bakomsus Tata Boga : 2 Org
- Bakomsus Olahraga : 1 Org, serta Bintara Rekrutmen Profesional  berjumlah 28 Orang (Pria 20 dan Wanita 8)

"Selanjutnya, mereka akan diserahkan ke pihak Sekolah Polisi Negara hari Minggu (15/11/2020) untuk persiapan mengikuti pendidikan," tutup Danang.--mcr/nal.