2 Pemuda Suku Talang Mamak Inhu Lulus Tes Polisi


Sabtu, 14 November 2020 - 13:40:12 WIB
2 Pemuda Suku Talang Mamak Inhu Lulus Tes Polisi Dua anak suku Talang Mamak Inhu lulus seleksi Bintara Polri./foto:agus.

RIAUIN.COM - Sebanyak 292 pemuda-pemudi di Provinsi Riau dinyatakan lulus seleksi Bintara Polri tahun 2020. Dari 292 orang itu, 266 pria dan 26 wanita. 20 orang diantaranya berasal dari Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Menariknya, 2 dari 20 yang lulus Bintara Polri dari Inhu tahun ini adalah pemuda asli suku Talang Mamak yang tinggal di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat.

"Kedua anak suku Talang Mamak yang lulus Bintara Polri adalah Anto, anak Panggelang dan Habibun serta Andika Swanda anak Tarmizi dan Mini.
Keduanya merupakan anak petani  karet yang tinggal di Desa Talang Jerinjing," kata Kapolres Inhu, AKBP Efrizal SIk, Sabtu (14/11/2020).

Kapolres menjelaskan, kedua anak suku Talang Mamak asal Desa Talang Jerinjing itu lulus dari rekrutmen program (Retpro) khusus suku pedalaman dan berprestasi sampai ke tingkat nasional.

Dikatakannya, kedua anak suku Talang Mamak tersebut dibina secara fisik dan non fisik sebelum mendaftar menjadi calon Bintara Polri oleh anggota Bhabinkamtibmas Desa Talang Jerinjing Polsek Rengat Barat, Brigadir Komarudin.

"Awalnya ada 4 anak Talang Mamak yang ikut pelatihan dan mendaftar, namun hanya 2 orang dinyatakan lulus menjadi Bintara Polri," katanya.

Kapolres menyampaikan, diterima anak suku Talang Mamak ini merupakan bukti nyata jika paradigma lama sudah mulai memudar. Sebab, dulu suku pedalaman dan masyarakat awam takut dengan polisi, justru sekarang mereka sudah banyak menjadi polisi.

"Mudah-mudahan ke depan jumlah anak suku pedalaman di Inhu yang lulus menjadi polisi bisa bertambah," tutup Kapolres.--agus.