Serahkan Zakat, Pjs Bupati Siak Ingatkan Warga Patuhi Prokes


Sabtu, 14 November 2020 - 00:20:30 WIB
Serahkan Zakat, Pjs Bupati Siak Ingatkan Warga Patuhi Prokes Pjs Bupati Siak, Indra Agus Lukman menyerahkan zakat konsultif kepada Muzaqi di Kecamatan Lubuk Dalam.

RIAUIN.COM- Penjabat semetara Bupati Siak, Dr Indra Agus Lukman mengingatkan supaya warga khususnya di Kecamatan Lubuk Dalam dan Siak pada umumnya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Hal itu disampaikan Indra dalam kegiatan penyaluran zakat konsumtif yang diterima sejumlah mustahiq di Kecamatan Lubuk Dalam, Jumat (13/11/2020). Zakat konsumtif itu bersumber dari masyarakat yang telah mengeluarkan zakat penghasilannya dan dikumpulkan oleh Unit Penyaluran Zakat (UPZ) setempat.

"Dimasa pandemi Covid-19 ini, diminta kepada masyarakat agar senantiasa mengikuti aturan dan jangan melanggar protokol kesehatan (Prokes), dengan senantiasa memakai masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak," kata Indra. 

Penyaluran zakat ini diserahkan secara simbolis kepada mustahiq di dampingi  Komisioner Baznas Siak H.Samparis, Sulaiman S.Ag, Sekcam Lubuk Dalam, Zulfadli S.Sos dan Ketua Upz Lubuk Dalam, Ustad Sukron Wahid M.Pd di Masjid Nurul Iman, Kecamatan Lubuk Dalam.

Pada kesempatan itu Pjs Bupati Indra Agus memberikan apresiasi terhadap kenerja Upz Kecamatan Lubuk Dalam, karena kecamatan ini dinilai telah berhasil mengumpulkan zakat terbesar saat ini.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk terus mengeluarkan zakat, begitu juga dengan kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada Baznas dan UPZ sebagai yang diamanahkan terkait pengelola dana zakat ini. Semua dana yang telah dikumpulkan tetap kembali kepada masyarakat yang diketagorikan sebagai Mustahiq.

"Zakat yang disalurkan di masa pandemi Covid-19 sangat bermanfaat dan membantu sekali bagi masyarakat," kata Indra. 

Sementara, Sukron Wahid .M.Pd selaku Ketua Upz Lubuk Dalam menjelaskan bahwa zakat yang disalurkan pada saat ini berjumlah 142 juta yang dibagikann kepada 142 orang Mustahiq.

Penyaluran zakat konsumtif yang di salurkan pada tahap IV ini di berikan berupa uang tunai dan sembako masing-masing senilai Rp1 juta.

"Tahap IV ini Upz bisa mengumpulkan zakat Rp70 juta sedangkan yang disalurkan saat ini berjumlah Rp142 juta. Jumlah ini ditambah oleh Baznas Kabupaten Siak," jelasnya.

Syukron berharap masyarakat Lubuk Dalam yang belum menunaikan zakatnya agar membayarkannya ke UPZ. "Dan bagi Muzaki yang telah menunaikan zakatnya ke UPZ semoga para muzaki di berikan harta melimpah, selalu di berikan kesehatan dan kekuatan dan mendapat keberkahan," ujarnya. -vie