Golkar Tunjuk Yulisman Ketua DPRD Riau, Wakil Ketua Agung Nugroho dan Syafaruddin Poti


Rabu, 11 November 2020 - 21:20:45 WIB
Golkar Tunjuk Yulisman Ketua DPRD Riau, Wakil Ketua Agung Nugroho dan Syafaruddin Poti Yulisman, Agung Nugroho dan Syafaruddin Poti.

RIAUIN.COM - Wakil Sekretaris Bidang Organisasi DPD I Partai Golkar Riau Ulil Amri mengatakan, pihaknya telah menerima surat keputusan (SK) dari DPP tentang penunjukan Yulisman sebagai Ketua DPRD Riau, sisa masa jabatan 2019-2024. 

Yulisman mengantikan posisi Indra Gunawan Eet yang maju di Pilkada Bengkalis. DPD I Golkar Riau segera meneruskan SK tersebut kepada pihak DPRD Riau untuk ditindaklanjuti.

"Ya, DPP sudah menunjuk Yulisman untuk mengantikan posisi Eet sebagai Ketua DPRD Riau. DPP sudah menyurati DPD I Golkar Riau, dan segera meneruskan ke DPRD Riau. Lebih cepat, tentu lebih baik," kata Ulil, Rabu (11/11/2020).

Sebelumnya, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Riau Agung Nugroho menyampaikan ucapan selamat kepada Yulisman karena terpilih menjadi Ketua DPRD Riau. 

"Selamat buat Pak Yulisman, Ketua DPRD yang baru," tulis Agung di beberapa grup Whatsapp, Rabu (11/11) pagi.

Agung sendiri ditunjuk DPP Demokrat untuk menjabat sebagai wakil ketua DPRD Riau menggantikan Asri Auzar karena maju Pilkada Rohil.

Yulisman sendiri tidak membantah kabar tersebut, dan hanya menjawab singkat. "Alhamdulillah," kata Yulisman.

Untuk diketahui, Yulisman sudah dua periode menjadi anggota fraksi DPRD Riau. Saat ini ia menjabat sebagai pengurus DPD I Golkar Riau, dan Ketua Fraksi Golkar DPRD Riau.

Sebelumnya, Ketua DPD I Partai Golkar Riau Syamsuar mengatakan, SK DPP Golkar tentang penunjukan Ketua DPRD Riau belum keluar. Dengan begitu, Syamsuar yang juga Gubernur Riau ini belum bisa memastikan nama Ketua DPRD Riau, meskipun kabar yang beredar DPP Golkar Riau menunjuk Yulisman. "Belum lagi. Belum turun SK-nya," singkat Syamsuar.

Sebelumnya, ada tiga nama yang diusulkan DPD I Golkar Riau ke DPP sebagai calon Ketua DPRD Riau. Ketiga nama itu adalah Yulisman, Karmila Sari, dan Ramos Tedy Sianturi. Dari tiga nama itu, DPP Golkar akhirnya memilih Yulisman.

Di sisi lain, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau, Sugeng Pranoto mengatakan, DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau sepakat mengusulkan satu nama yakni,  Syafaruddin Poti untuk menggantikan Zukri sebagai wakil ketua DPRD Riau.

"Kita sudah rapat, dan secara aklamasi sepakat mengusulkan nama Pak Syafaruddin Poti untuk menjadi pimpinan DPRD Riau," kata Sugeng, Rabu (11/11).

Anggota Komisi III DPRD Riau ini mengatakan, direncanakan hari ini surat usulan tersebut akan dikirimkan ke DPP PDI Perjuangan.

Disinggung mengenai sebelumnya disebut-sebut akan diusulkan tiga nama dan termasuk nama Robin Hutagalung dan Makmun Solihin juga masuk dalam bursa pimpinan DPRD Riau, Sugeng mengatakan, hasil aklamasi tersebut didapat dari musyawarah mufakat.

"Pak Makmun tidak bersedia, karena kesibukan beliau cukup padat sebagai Ketua Banleg dan Bendahara PDIP Riau. Begitu pula Pak Robin yang merupakan ketua DPC PDIP Pekanbaru dan Ketua Komisi II DPRD Riau. Jadi keputusannya, aklamasi mengusulkan nama pak Syafaruddin Poti," sebutnya lagi.

Tiga kursi pimpinan DPRD sempat kosong karena ditinggalkan maju ke kontestasi Pilkada Riau. Mereka adalah Indra Gunawan Eet (Ketua DPRD) dari Golkar, Asri Auzar (Wakil Ketua) dari Demokrat dan Zukri Misran (Wakil Ketua) dari PDIP. - vie