UAS Dikabarkan Gabung Partai Masyumi, Ini Penjelasannya


Ahad, 08 November 2020 - 01:02:16 WIB
UAS Dikabarkan Gabung Partai Masyumi, Ini Penjelasannya Ustad Abdul Somad

RIAUIN.COM - Partai Masyumi sudah mendaklasikan diri dan Ustaz Abdul Somad (UAS) dikabarkan bakal bergabung. Sahabat Ustaz Abdul Somad menegaskan, bahwa dai yang akrab disapa UAS itu tidak akan terlibat politik praktis.

"Saya pastikan, UAS tidak akan gabung ke Partai Masyumi atau partai manapun. Beliau itu tidak ingin berpolitik praktis. UAS konsen berdakwah," kata sahabat UAS, Tatang Yudiansyah Sabtu (7/11/2020).

Dia mengatakan, bahwa UAS tidak akan berpihak kepada partai manapun. Menurutnya, kehadiran UAS dalam acara kegiatan Partai Masyumi di Pekanbaru beberapa waktu lalu hanyalah memenuhi undangan saja.

"UAS diundang di sana. Dalam pemaparan, UAS menjabarkan tentang pandangan Islam di dunia politik. Jadi bukan diartikan dia gabung di sana," imbuh Tatang yang sering ikut dengan UAS berdakwah.

Dia meyakinkan bahwa dai sejuta viewer itu selalu istiqamah sebagai pendakwah untuk umat, bukan sebagai politisi atau terlibat politik praktis. Namun UAS selalu bersedia memberikan gambaran tentang hubungan politik dan islam pada siapapun .

"Tidak mungkin UAS ikut partai. Sedangkan beberapa kali ditawar menjadi Cawapres (Calon Wakil Presiden) saat Pilpres lalu saja ditolak. Itu artinya UAS hanya ingin mengabdi sebagai pendakwah untuk berbagi ilmu agama dengan umat," tukas Tatang, teman kuliah UAS saat di Pekanbaru.

Diajak Bergabung

Sebelumnya, Ketua Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Partai Islam Ideologis (BPU-PPII), KH Ahmad Cholil Ridwan mengatakan sudah berupaya mengajak UAS untuk menjadi anggota Majelis Syuro Masyumi. Kata Cholil, UAS mengaku siap.

"Mudah-mudahan UAS akan menjadi anggota Majelis Syuro. Karena beliau sudah bersedia menjadi narasumber di daurah (pelatihan) di Pekanbaru. Dan saya pernah berbisik kepada beliau, 'ustadz saya mau diriin Partai Masyumi, ustadz jadi anggota Majelis Syuro ya', (dijawab) 'siap'," ungkap Cholil seusai deklarasi di acara Tasyakuran Milad ke-75 Masyumi, dilihat melalui konferensi video, Sabtu (7/11/2020).

Cholil berharap UAS benar-benar mau bergabung dengan Masyumi. Bahkan dia mendukung jika UAS ingin menduduki posisi Ketua Umum Partai Masyumi.

"Mudah-mudahan Allah SWT menguatkan hidayahnya kepada UAS, bahkan kalau menurut saya, seumpama dia (UAS) mau jadi ketua umum Masyumi, saya setuju," jelasnya. - vie