Partai Masyumi Deklarasi, Ajak Amien Rais Hingga Habib Rizieq Bergabung


Sabtu, 07 November 2020 - 15:52:51 WIB
Partai Masyumi Deklarasi, Ajak Amien Rais Hingga Habib Rizieq Bergabung

RIAUIN - Sejumlah tokoh secara resmi kembali mendeklarasikan bangkitnya Partai Masyumi. Deklarasi dilakukan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-75 Partai Masyumi yang sempat didirikan pada 1945.

Ketua Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Partai Islam Ideologis (BPU-PPII) A. Cholil Ridwan dalam pidatonya meminta Partai Umat yang dipelopori oleh Amien Rais bergabung ke Partai Masyumi. Ajakan disampaikan karena ia menilai, sosok Amien akan membuat Partai Masyumi lebih kuat.

"Kami minta secara terang-terangan dan terbuka, mari lah Partai Umat yang beliau dirikan supaya bergabung sepenuhnya dengan Partai Masyumi," kata Cholil saat menyampaikan pidato dalam deklarasi Partai Masyumi yang disiarkan secara virtual, Sabtu (7/11/2020).

Cholil mengatakan, Amien Rais yang dikenal sebagai Bapak Reformasi itu dinilai piawai dalam berpolitik. Bahkan, sebelum mendirikan PAN, Amien dikenal sudah aktif berpolitik sejak masih di Muhammadiyah.

Lebih lanjut, Cholil bersyukur ketika Amien memutuskan untuk keluar dari PAN. Ia bahkan menyebut, saat ini sudah saatnya Amien melupakan masa lalunya di PAN.

"Jadi mari kita doakan kepada Allah agar Pak Amien sadar beliau adalah Natsir muda, lupakan masa lalu, lupakan PAN, lupakan besan, lupakan mantu," tuturnya.

Ia berharap, jika Amien bergabung dengan Masyumi baru ini, umat akan turut mengikuti langkah tersebut. Terlebih, ia meyakini, sosok Amien di Muhammadiyah juga masih cukup dikenal kuat.

"Saya yakin apabila umat bergabung dengan Masyumi, akan didukung oleh anggota Muhammadiyah, karena mayoritas anggota Muhammadiyah inginnya ada partai Islam ideologis," jelasnya.

Tidak hanya itu, Cholil juga mengaku bakal mengajak Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab, serta ormas-ormas Islam lainnya untuk bergabung ke dalam Partai Masyumi. Ia meyakini, dengan bergabungnya ormas-ormas Islam tersebut, kekuatan Masyumi tidak akan terbendung.

"Kemudian PA 212 bergabung dengan Masyumi, Habib Rizieq mendukung Partai Masyumi ini, insyaallah tidak akan ada satu kekuatan partai politik yang bisa mengalahkan Partai Masyumi di masa yang akan datang," tuturnya.

"Partai komunis gaya baru akan pingsan kalau mendengar Partai Masyumi bergabung dengan Partai Umat, didukung PA 212, FPI," imbuhnya.

Amien yang turut hadir dalam acara deklarasi tersebut menyambut dengan santai ajakan tersebut. Menurutnya, bisa saja Partai Umat yang ia pelopori bergabung dengan Partai Masyumi.

Namun demikian, Amien menyebut untuk sementara ini dia masih akan fokus membangun Partai Umat. Jika ke depannya Partai Umat tidak berkembang secara signifikan, Amien siap membubarkan Partai Umat dan bergabung dengan Masyumi.

"Kalau saya, misalnya Masyumi lebih besar, Partai Umat saya bubarkan untuk Masyumi. Tapi, kalau Partai Umat lebih besar, please join us," ujar Amien. - gha