Kapolres Inhu Siap Amankan Pilkada di Tengah Penanganan Virus Corona


Sabtu, 07 November 2020 - 11:12:37 WIB
Kapolres Inhu Siap Amankan Pilkada di Tengah Penanganan Virus Corona AKBP Efrizal SIk.

RIAUIN.COM - Kapolres Inhu AKBP Efrizal menyatakan kesiapan timnya untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada. Kendati dengan keterbatasan jumlah personil di tengah penanganan virus Corona (Covid-19), namun Kapolres tetap optimis untuk mewujudkan Pilkada aman, damai dan sejuk di Kabupaten Inhu.

"Tugas-tugas berat ini harus kita laksanakan dengan baik, disaat penanganan Covid-19, kita juga harus mampu mewujudkan Pilkada yang aman, damai dan sejuk. Tentu kerjasama dengan semua pihak sangat kita butuhkan," kata Kapolres di ruang kerjanya, Sabtu (7/11/2020).

Dijelaskannya, selain bagian dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhu, Polres Inhu juga melaksanakan berbagai program dan upaya untuk mengantisipasi serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tersebut.

Pertama, Polres Inhu bersama TNI, Satpol PP dan Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu dua kali dalam sehari terus melaksanakan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru.

Kedua, Polres bersama pihak terkait lainnya juga tergabung dalam tim pemburu teking Covid-19 Kabupaten Inhu dengan tugas melaksanakan operasi yustisi sebagai implementasi Inpres nomor 6 tahun 2020 dan Peraturan Bupati (Perbup) Inhu nomor 63 tahun 2020 tentang protokol kesehatan dan sanksi bagi pelanggar.

"Untuk mengoptimalkan penanganan Covid-19 ini, Polres juga membentuk tim relawan Covid-19 yang tersebar diseluruh Kecamatan. Saat ini jumlah tim relawan 55 orang terdiri dari berbagai unsur, diantaranya tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya dan tidak tertutup kemungkinan jumlah relawan ini akan terus bertambah," jelasnya.

Target dari tim relawan Covid-19 adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan pada setiap kegiatan dan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Diharapkan, tim relawan Covid-19 ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi dan membudayakan protokol kesehatan sebagai gaya hidup baru dalam menekan laju pertambahan Covid-19," ujar Kapolres.

Kemudian, Polres Inhu juga dibantu oleh tim relawan Covid-19 akan fokus terhadap agenda utama dalam menjalankan arahan Presiden Jokowi, Kapolri dan Ketua Satgas Covid-19 yaitu menekan angka infeksi Covid-19 melalui upaya imbauan pendisiplinan masyarakat dengan menerapkan 4 M yakni, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Disamping imbau, sosialisasi dan razia yustisi, Polres Inhu juga memiliki program bhakti sosial untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 dengan menyalurkan bantuan sembako diseluruh wilayah Kabupaten Inhu.

"Jika ditotalkan, sudah ada sekitar 10.250 paket sembako yang telah disalurkan pada masyarakat selama pandemi Covid-19," ujarnya.

Polres Inhu juga menggandeng mahasiswa STIE-I untuk ikut melaksanakan kegiatan bhakti sosial dalam menyalurkan bantuan berupa 214 paket sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 dan diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban ekonomi masyarakat dalam kondisi susah seperti saat ini.

"Semoga bantuan ini bermanfaat dan bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19, masih banyak lagi program lain yang telah kita laksanakan dalam mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Inhu," ungkap Kapolres.

Untuk pengamanan Pilkada, Polres Inhu juga telah melaksanakan berbagai persiapan diantarnya membekali 233 personil dengan pengetahuan tentang Sistem Pengamanan (Sispam) Kota. Pelatihan ini sudah dilaksanakan awal hingga pertengahan September 2020 lalu.

"Personil dibekali keahlian dan keterampilan untuk menghadapi berbagai kemungkinan terburuk saat berlangsungnya tahapan-tahapan Pilkada," pungkasnya.--Agus.