Aneh Tapi Nyata, Polri Punya Kapolres Berpangkat Jenderal


Ahad, 01 November 2020 - 08:31:30 WIB
Aneh Tapi Nyata, Polri Punya Kapolres Berpangkat Jenderal Yudhiawan Wibisono

RIAUIN.COM - Aneh tapi nyata. Begitulah kalimat yang disempatkan untuk jenjang jabatan Kapolrestabes Makassar. Sebab belum lama ini, posisi itu dipegang oleh perwira tinggi bintang 1 atau Brigadir Jenderal (Brigjen).

Asal tahu saja, untuk jabatan Kapolres sejatinya diisi perwira berpangkat Komisaris Besar (Kombes). Siapa jenderal yang menduduki jabatan itu? 

Jawabannya adalah Brigjen Yudhiawan Wibisono. Ia didaulat sebagai Kapolrestabes Makassar selama 11 hari saja. 

Posisi itu diemban sebelum dirinya diangkat menjadi Koordinator Wilayah (Korwil) KPK. Kini posisi Kapolrestabes Makassar kembali dijabat perwira menengah, Kombes Witnu Urip Laksana.

"Benar itu, saya kemarin job Kapolrestabes pangkat Brigjen, aneh tapi nyata," kata Brigjen Yudhiawan kepada wartawan di Jakarta, Jumat (30/10/2020), sebagaimana dilansir Reqnews.com.

Sebelum Yudhiawan memang sempat menjabat Kapolrestabes Makassar dengan pangkat kombes sejak 11 November 2019. Namun dia naik pangkat menjadi brigjen dan memimpin Polrestabes Makassar selama 11 hari dengan pangkatnya yang baru.

Yudhiawan kemudian menyerahkan jabatan Kapolrestabes Makassar ke Kombes Urip pada Selasa 27 Oktober lalu. "Jadi ada satu minggu lebih saya masih Kapolrestabes tapi pangkat brigjen," kata Yudhiawan. - fbh