Jusuf Kalla Prediksi Virus Corona Berakhir 2022


Ahad, 01 November 2020 - 01:58:54 WIB
Jusuf Kalla Prediksi Virus Corona Berakhir 2022 Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. | Foto: Internet

RIAUIN.COM- Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla memprediksi penyebaran virus Covid-19 baru akan berakhir tahun 2022. Pasalnya jumlah penyebaran virus tersebut masih terus meluas dan korban terus bertambah.

Prediksi tersebut dikatakan Ketua Palang Merah Indonesia ini dengan melihat uji klinis vaksin Corona baru bisa keluar antara bulan Januari-Februari 2021. Itupun baru akan diproduksi pada Maret mendatang, sehingga diperkirakan vaksin tersebut baru siap di pertengahan 2021. 

"Kalau ditanya kapan kira-kira pandemi Covid-19 ini selesai, maka saya perkirakan di Indonesia baru bisa selesai pada tahun 2022," kata JK dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (31/10/2020).

Menurutnya, jika vaksin diberikan kepada 1 juta orang per hari, maka butuh waktu 1 tahun dalam melakukan vaksinasi besar-besaran. Namun, untuk melakukan vaksinasi pada 1 juta populasi per hari bukan lah pekerjaan mudah. Sebab, kata JK, kemampuan Indonesia dalam tes Covid-19 saja hingga saat ini maksimum hanya 30 ribu spesimen per hari.

"Dan pasti masing-masing negara produsen vaksin itu seperti Cina, Inggris dan Amerika akan mengutamakan negara, setelah itu baru kita bisa dapat," kata dia. 

JK menilai, kemampuan pemberian vaksin pada pertengahan tahun depan hanya bisa diberikan kepada 500 ribu orang setiap harinya. -vie