Antisipasi Penyebaran Corona, Bupati Inhil Ikuti Rakor dengan Mendagri


Kamis, 22 Oktober 2020 - 20:51:13 WIB
Antisipasi Penyebaran Corona, Bupati Inhil Ikuti Rakor dengan Mendagri Bupati Inhil HM Wardan Ikut rakor pengendalian virus Corona selama libur cuti bersama dengan Mendagri.

RIAUIN.COM- Jelang libur nasional dan cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tanggal 28 sampai 30 Oktober 2020, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah daerah. Rakor tersebut bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona di tengah masyarakat. 

Rakor yang berlangsung secara virtual, Kamis (22/10/2020), diikuti Bupati Indragiri Hilir (Inhil), H.M Wardan didampingi Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Inhil Afrizal, Plt. Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Inhil, Trio Beni Putra dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, M. Arifin.

Dalam arahannya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), M. Tito Karnavian peringatkan agar masyarakat tidak memanfaatkan cuti bersama dengan bepergian ke luar daerah.

“Jika terpaksa harus melakukan perjalanan harus melakukan Rapid Tes terlebih dulu atau menyesuaikan dengan aturan moda transportasi yang berlaku untuk memastikan pelaku perjalanan bebas Covid-19. Hal tersebut demi keluarga ataupun orang lain di tempat yang akan dikunjungi,” jelas Tito Karnavian.

Selanjutnya, Tito meminta tiap Kepala Daerah melakukan koordinasi dengan Forkopimda, Tokoh Agama, Pengelola Hotel dan pihak terkait lainnya untuk melakukan pengawasan protokol kesehatan Covid-19 selama masa cuti berlangsung.

“Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 harus mengoptimalkan perannya dalam monitoring pengawasan dan penegakan hukum disiplin Protokol Kesehatan,” kata Mendagri.

Tito juga berpesan, perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2020, pelaksanaannya dapat digelar di lingkungan masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. -inf