Pjs Bupati Kuansing: Empat Minggu Kedepan Kuansing Ditargetkan Kembali ke Zona Hijau


Kamis, 29 Oktober 2020 - 15:59:27 WIB
Pjs Bupati Kuansing: Empat Minggu Kedepan Kuansing Ditargetkan Kembali ke Zona Hijau Pjs Bupati Kuansing Roni Rakhmat memimpin rapat koordinasi terkait penanganan Covid-19..

RIAUIN.COM- Pjs Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Roni Rakhmat menargetkan dalam empat minggu kedepan atau sebelum pelaksanaan Pilkada, Kuansing kembali menjadi zona hijau penyebaran Covid-19.

Untuk mencapai target itu, ia meminta Tim Gugus Tugas dan seluruh Camat serta Kepala Puskesmas agar mengedukasi masyarakat serta memberi pemahaman untuk mencegah Covid -19 dengan gerakan 3 M.

"Kita berharap gerakan 3 M ini benar - benar mengakar seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, dan setiap masyarakat diharapkan disiplin menerapkan protokol kesehatan sehari-hari," kata Roni, baru-baru ini.

Selain itu, Pemkab Kuansing akan mengefektifkan protokol penanganan dan pengendalian Covid-19 revisi lima. Untuk kontak erat tanpa gejala tidak perlu dilakukan swab. Kemudian, pasien positif tanpa gejala tidak dilakukan swab follow up.

"Untuk kontak erat pasien positif atau pasien tanpa gejala, tidak dilakukan swab. Cukup jalani isolasi mandiri selama 14 hari," jelas Roni.

Lewat langkah yang akan dilakukan ini Roni optimis, target Kuansing untuk kembali ke zona hijau penyebaran Covid-19 bisa tercapai.

"Kita berharap, semua stakeholder saling bahu-membahu, mulai dari gugus tugas kabupaten sampai ke pemerintahan desa, mari bersama-sama memutus mata rantai Covid-19," pintanya.

Dalam rapat tersebut juga diundang Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Telukkuantan dan organisasi profesi lainnya.

Ia sengaja mengumpulkan semua pihak guna mengetahui persoalan yang dihadapi selama ini.

"Tingginya angka kasus positif saat ini, maka perlu menjadi perhatian kita bersama dalam menekan penyebarannya, sehingga kasus Covid-19 bisa berkurang," harap Roni.- advetorial