Ceramah UAS di Masjid Al Arafah tentang Akhlak Nabi Muhammad


Senin, 26 Oktober 2020 - 17:18:27 WIB
Ceramah UAS di Masjid Al Arafah  tentang Akhlak Nabi Muhammad

RIAUIN -- Ustadz Prof DR Abdul Somad Lc, MA menjadi imam salat Subuh berjemaah sekaligus memberikan tausiah di Masjid Al Arafah, Jalan Arafah nomor 53, Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan, Senin (26/10/2020).

Ceramah berdurasi lebih kurang satu jam itu banyak membicarakan tentang akhlak Nabi Besar Muhammad SAW. Memang, pengajian ini berkaitan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diperingati hari ini.


Menurut UAS, Nabi Muhammad dikenal orang bukan karena kakinya bengkak karena rajin salat sunnah Tahajjud, melainkan karena akhlaknya.


Suatu ketika, kata Somad, nabi membentangkan sorban di atas pasir begitu melihat seorang perempuan.  Lalu perempuan itu, duduk di atas sorban yang dibentangkan nabi. 

Sontak semua sahabat nabi dan orang orang di sekeliling beliau kaget. Siapakah perempuan ini.

Ternyata perempuan itu tidak lain adalah Syaimah, saudari sepersusuan nabi. Padahal pada zaman itu, harkat dan martabat perempuan begitu dilecehkan. 

''Akhlak nabi yang pertama, bagaimana beliau memuliakan manusia. Walau pun dia adalah perempuan sepersusuan. Apakah lagi itu saudara kandung nabi.Tetapi Nabi Muhammad adalah anak tunggal,'' ucap Somad yang menerangkan pada zaman itu di Arab, harkat dan martabat begitu rendah.

Kaum perempuan di zaman itu sama seperti barang yang bisa diperjualbelikan dan diwariskan.

Akhlak yang kedua, imbuh  Somad,  ketika nabi akan mengambil cerek atau tempat air minum. Saat itu nabi melihat seorang anak kecil di samping cerek. 

Nabi Muhammad tidak langsung mengambil cerek air itu tetapi terlebih dahulu meminta izin kepada sang anak. Kisah ini menceritakan bagaimana Nabi Muhammad menanggap orang (anak kecil itu) ada. 

UAS menambahkan, menceritakan akhlak Nabi Muhammad yang perlu ditauladani tidak cukup dalam waktu 60 menit.--tra