Urutan Ke-4 di Riau, Corona di Siak Capai 1.079 Kasus, 15 Meninggal Dunia


Senin, 26 Oktober 2020 - 16:38:09 WIB
Urutan Ke-4 di Riau, Corona di Siak Capai 1.079 Kasus, 15 Meninggal Dunia Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman didampingi Sekdakab Siak Arfan Usman sosialisasikan pemakaian masker kepada masyarakat.

RIAUIN.COM - Saat ini, Kabupaten Siak berada di urutan ke-4 dari 12 kabupaten/kota se-Riau dalam hal akumulasi kasus Corona (Covid-19). Angka ini menurun dibanding sebulan lalu, dimana Siak urutan ke-2 di bawah Pekabaru.

Berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau hingga Ahad (25/10/2020), jumlah konfirmasi positif di Siak telah berada di angka 1.079 kasus.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 914 orang dinyatakan sembuh, 15 meninggal dunia, sementara sisanya menjalani isolasi mandiri dan perawatan di rumah sakit. Sementara total jumlah suspek, mencapai 2.265 orang.

Dengan capaian itu, saat ini Siak berada di urutan ke-4 setelah Pekanbaru, Kampar dan Dumai. Atau menyumbang sebesar 8 persen dari total konfirmasi positif se-Riau yang mencapai 13.546 kasus.

"Untuk Covid-19 di Siak, kemaren sedikit kecolongan. Temuan kasus banyak dari kontraktor jasa penunjang (salah satu perusahaan swasta, red) yang dari luar. 
kontraktor itu tidak hanya tinggal di dalam lingkungan perusahaan, tapi sebagian juga ada di luar," kata Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Siak, Indra Agus Lukman, Senin (26/10/2020).

"Itu juga yang berkembang di Kecamatan Tualang, kemarin itu," tambah Indra.

Selain itu, tingginya penyebaran Covid-19 di Siak, lantaran ada hubungan konektivitas dan distribusi orang dari kecamatan-kecamatan daerah lain.

"Tapi untuk penanganan, isolasiisolasi dan pemulihan, kita juga masuk yang cukup baik. Kita terus mengimbau masyarakat agar sadar dan disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan," tambahnya.

Selain itu, kata Indra, peningkatan jumlah positif Covid-19 dalam beberapa hari belakangan, juga karena ada upaya tracking dan tracing yang masif dilakukan oleh tenaga kesehatan setempat.

"Kemarin, dua hari belakangan ada naik lagi, ini karena kondisi hasil tracking dari kawan-kawan," tuturnya.

Pemkab Siak telah menyediakan beberapa tempat isolasi mandiri untuk pasien positif Covid-19 yang tidak bergejala maupun dengan gejala ringan.

Sejumlah lokasi yang dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri, di antaranya yakni Asrama Haji Siak yang memiliki 50 kamar dan 58 tempat tidur.

Kemudian, di Mess Bunut Perawang, di Kecamatan Tualang dengan 36 kamar dan 72 tempat tidur, serta Pesantren Ummu Kuro Perawang yang memiliki 44 kamar dengan kapasitas 44 tempat tidur.

"Kita juga standby di setiap kecamatan untuk persiapan. Jika nanti kapasitas tampung di tempat isolasi yang kita siapkan saat ini sudah melebihi, otomatis kita stanby di kawan-kawan kecamatan," demikian Indra.--mcr/nal.