Mulai 2021, Pemprov Riau Bangun Jaringan Gas Rumah Tangga di Perawang


Sabtu, 24 Oktober 2020 - 21:10:56 WIB
Mulai 2021, Pemprov Riau Bangun Jaringan Gas Rumah Tangga di Perawang Indra Agus Lukman.

RIAUIN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memastikan proyek pembangunan jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga di Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, mulai dikerjakan 2021 nanti. Proyek ini sempat tertunda karena wabah Covid-19.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau Indra Agus Lukman mengatakan, di Riau sudah ada dua daerah yang berjalan proyek pembangunan Jargas. Dengan masuknya Perawang, maka terjadi penambahan wilayah untuk pembangunan gas rumah tangga.

“Jadi selain di Pekanbaru dan Dumai, untuk tahun ini kita juga dapat untuk proyek pembangunan Jargas di Perawang. Tapi memang pelaksanaannya ditunda ke 2021 karena Covid-19,” katanya, Sabtu (24/10/2020).

Dia menambahkan, untuk Jargas di Pekanbaru dan Dumai sudah berjalan. Untuk Pekanbaru penyelesaian secara keseluruhan ditargetkan selesai 2024. Sedangkan pada tahun 2020, sudah lebih dari 5.000 jaringan gas rumah tangga on progress di empat Kecamatan, Sukajadi, Marpoyan Damai. Senapelan dan Lima Puluh.

“Proyek Jargas ini diambil oleh BUMD. Kami harap pada 2021 nanti kelanjutan dari proyek ini, termasuk yang di Perawang sudah bisa berjalan sesuai harapan,” ungkap Pjs Bupati Siak ini.

Untuk diketahui, pembangunan Jargas merupakan proyek dari Kementerian ESDM untuk mendukung kemandirian gas rumah tangga. Untuk di Pekanbaru proyek ini dipegang oleh SPP yang merupakan BUMD milik Pemko Pekanbaru.--mcr/nal.