Undang APKL Diskusi, Bupati Inhil Cari Solusi Modal untuk Bantu Usaha Masyarakat


Jumat, 23 Oktober 2020 - 18:03:55 WIB
Undang APKL Diskusi, Bupati Inhil Cari Solusi Modal untuk Bantu Usaha Masyarakat Bupati Inhil HM Wardan saat berdiskusi dengan pengurus APKL Inhil di kediamannya.

RIAUIN.COM - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan mengundang pengurus Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKL) untuk berdiskusi guna mencari solusi terkait bantuan permodalan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di ruang rapat kediaman Bupati, Tembilahan, Jumat (23/10/2020).

Diskusi yang digelar dengan santai ini,  membahas persoalan ekonomi yang ikut anjlok dampak dari virus Corona (Covid-19) yang sedang melanda Indonesia, khususnya Kabupaten Inhil.

Wardan juga mengapresiasi keberadaan APKL selama ini yang ikut berjuang bersama pemerintah daerah dalam upaya pemulihan ekonomi, terutama APKL yang berada di pasar-pasar.

"Terkait madol usaha, kita memiliki Bank Riau Kepri dengan program KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang orientasi kegiatannya untuk membantu permodalan usaha masyarakat. Program ini bisa dimanfaatkan UMKM di Inhil," jelas Wardan.

Di samping itu, Pemkab Indragiri Hilir juga memiliki BUMD Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) Gemilang yang tujuannya untuk membantu permodalan usaha masyarakat.

"Kita dorong UMKM memanfaatkan fasilitas yang disiapkan Pemkab Inhil ini, agar masyarakat tidak terbelit utang dengan meminjam dengan pihak lain," saran Bupati.

Menurut Wardan, keberadaan APKL selama ini telah menunjukkan hal yang positif dan mampu mengkoordinir pedagang di pasar. "Saya mendukung penuh segala program APKL selagi itu bersifat positif demi kemajuan bersama," katanya.

Wardan menyarankan pengurus APKL Inhil untuk berkoordinasi dengan dinas terkait guna mencari solusi permodalan usaha. 

"Disdagtrin dan koperasi punya program terkait pinjaman dana usaha ini, silahkan berkoordinasi. Kita akan permudah prosesnya," jelas Wardan.

Ikut hadir mendampingi Bupati, Asisten 2 Setdakab Inhil Tantawi Jauhari, Kepala Dinas Koperasi Tengku Edi, Sekretaris Perhubungan dan Kabid Pasar dari Disdagtrin Fitri. 

Sementara itu, dari APKL dihadiri Ketua Alex Saputra dan penasehat Zaini Awang, Kemas Ibnu Sanjaya dan juga kuasa hukum APKL Inhil, Maryanto.--Adli.