Mahasiswa Demo Tolak UU Ciptaker Tak Sampai ke Istana, Dihadang Kawat Berduri


Selasa, 20 Oktober 2020 - 15:09:38 WIB
Mahasiswa Demo Tolak UU Ciptaker Tak Sampai ke Istana, Dihadang Kawat Berduri Ratusan mahasiswa berdemo menolak UU Cipta Kerja hari ini di Jakarta. | F:CNN Indonesia

RIAUIN.COM - Massa aksi unjuk rasa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) gagal mencapai Istana Kepresidenan Jakarta. Pasalnya kedatangan merekw karena dihadang barikade kawat berduri.

Sekitar dua ratus orang mahasiswa dari berbagai kampus datang dari arah Jalan Medan Merdeka Selatan. Sekitar pukul 12.00 WIB, para mahasiswa terpaksa berhenti di kawasan Patung Arjunawiwaha atau Patung Kuda.

"Teman-teman kita sudah sampai. Bukan di depan Istana, tapi di pagar kawat. Wahai kawat, cabut Omnibus Law," kata orator sembari berseloroh.

Para mahasiswa pun berhenti di depan barikade. Mereka kini beristirahat sambil menunggu demonstran dari elemen lain ikut bergabung.

Sambil istirahat, sebagian mahasiswa melaksanakan salat zuhur di jalan. Mereka menggunakan air mineral yang dibeli dari pedagang asongan untuk berwudu.

Rencananya, sejumlah elemen masyarakat akan menggelar aksi unjuk rasa menolak Ominus Law UU Cipta Kerja di sekitar Istana Kepresidenan Jakarta. Aksi juga digelar bertepatan dengan satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Namun di saat yang sama, Jokowi tak beraktivitas di Jakarta. Ia mengadakan rapat soal persiapan Piala Dunia 2021 dan bertemu denga PM Jepang Yoshihide Suga. - gha