Kunker ke Rohul, Gubri Evaluasi Penanganan Covid-19 dan Serahkan Obat-obatan dan Masker


Sabtu, 17 Oktober 2020 - 20:39:45 WIB
Kunker ke Rohul, Gubri Evaluasi Penanganan Covid-19 dan Serahkan Obat-obatan dan Masker Gubri Syamsuar menyerahkan secara simbolis obat-obatan dan masker kepada Pjs Bupati Rohul Masrul Kasmy.

RIAUIN.COM - Gubernur Riau Syamsuar melakukan kunjungan kerja (kunker) terkait evaluasi serta tindak lanjut penanganan Covid-19 di Kabupaten Rokan Hulu, Sabtu (17/10/2020).

Dalam kunker tersebut, Gubri didampingi langsung oleh Asisten I Setdaprov Riau Jenri Salmon Ginting serta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani.

Dalam sambutannya, Gubri mengungkapkan, seperti dikatakan Presiden, Riau selain penyumbang kasus positif Covid-19 di Indonesia termasuk juga kasus penyumbang kasus kematian Covid-19. Yang mana pada Senin (12/10/2020) lalu ada 12 kota di Indonesia penyumbang kasus positif Covid-19 yang tertinggi di Indonesia termasuk Kota Pekanbaru.

"Kita sekarang selaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi tidak mungkin diam menyangkut dengan kondisi daerah," terang Syamsuar.

Sehingga pihaknya perlu melakukan evaluasi penanganan Covid-19 yang baru dua kali dilaksanakan, yaitu Kota Pekanbaru dan Rokan Hulu. 

Seperti yang dikatakan Presiden Joko Widodo, lanjut Gubri, anjuran menggunakan masker untuk melindungi diri dari potensi wabah Covid-19. Penggunaan masker adalah wajib bagi masyarakat.

Gubri mengharapkan, melalui dari Puskesmas, para petugas kesehatan harus memberikan penyuluhan secara masif. Karena masih banyak masyarakat yang tidak percaya dengan Covid-19. Jika ini dibiarkan terus menerus, bisa merusak upaya yang telah dilakukan pemerintah.

"Inilah kendala kita dalam penanganan Covid-19," ungkapnya.

Gubri mengingatkan Camat harus ikut berperan dengan kelurahan dan desa untuk mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Selain itu ia berpesan untuk tidak letih dengan aturan, apalagi dengan Protokol Kesehatan.

"Ini bagian dari tugas kita mengingatkan masyarakat tidak boleh letih jalani protokol kesehatan terutama menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," pungkasnya. 

Pada kesempatan itu, Syamsuar menyerahkan bantuan obat-obatan Covid-19 ke Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

Bantuan obat tersebut diserahkan Syamsuar secara simbolis kepada Pjs Bupati Rokan Hulu Masrul Kasmy, setelah rapat evaluasi penanganan Covid-19.

"Bantuan ini obat-obatan ini kami serahkan kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, diharapkan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin agar masyarakat kita tetap sehat," kata Syamsuar.

Adapun bantuan obat-obatan Covid-19 yang diserahkan pemerintah Provinsi Riau untuk pemerintah kabupaten Rokan Hulu berupa Oseltamivir sebanyak 500 kapsul, Azitromosin sebanyak 1000 tablet, Vit C 250 sebanyak 1000 tablet, Pehavral 10000 tablet.

Selain obat-obatan, Syamsuar juga menyerahkan bantuan 100.000 lembar masker dan 5.000 bibit tanaman.--mcr/nal.