Hari Listrik ke-75 di Batam Jadi Berkah Masyarakat Selat Nenek dan Pulau Jaloh 


Jumat, 16 Oktober 2020 - 22:20:24 WIB
Hari Listrik ke-75 di Batam Jadi Berkah Masyarakat Selat Nenek dan Pulau Jaloh  Foto: Istimewa

RIAUIN.COM- Peringatan Hari Listrik Nasional 27 Oktober 2020 ini, menjadi berkah bargi masyarakat Selat Nenek, Kelurahan Temoyong dan Pulau Jaloh, Kelurahan Pantai Gelam yang berada di Kota Batam. PT PLN UIWRKR UP3 Tanjungpinang kembali memberikan penerangan listrik kepada kedua pulau yang berada di Kecamatan Bulang, Kota Batam.

Sebelumnya  listrik di Pulau Jaloh yang dihuni sekitar 200 KK dan Pulau Selat nenek dihuni 180 KK pengelolaan listriknya bersifat swadaya dari masyarakat sendiri, dengan nyala 5 sampai 7 jam setiap malam.

Pada 5 Oktober 2020 lalu, PLTD di Pulau Selat Nenek dan Jaloh siap beroperasi setelah diresmikan oleh Manager PT PLN (Persero) UP3 Tanjungpinang, Suharno ST dan Manager PT PLN (Persero) UP2K Kepulauan Riau, Yuniar Budi Satrio didampingi oleh lurah setempat. 

Provinsi Kepulauan Riau yang pelayanan listriknya masuk dalam daerah pelayanan PLN UIWRKR merupakan wilayah kepulauan dengan jumlah 2.408 pulau, 385 pulau berpenghuni penduduk. Dengan demikian sudah 78 pulau saat ini yang mendapat aliran listrik dari PLN. 

"Masyarakat Desa Selat nenek dan Jaloh kini sudah merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya, setelah sekian lama belum merasakan terangnya listrik dari PLN. Saat ini kami bisa beraktivitas siang dan malam hari, anak-anak bisa belajar pada malam hari tanpa merasakan gelap seperti sebelumnya. Bisa mengawetkan tangkapan ikan di kulkas," kata Arfin Sekertaris Lurah Temoyong.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau Dispriansyah menyampaikan PLN akan terus  berjuang melistriki seluruh desa di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau. 

"Alhamdulilah dengan dioperasikannya dua PLTD di desa tersebut tentu sangat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, PLN tetap berkomitmen menjalankan dan mendukung program pemerintah yang salah satunya bidang kelistrikan yaitu melistriki desa-desa diseluruh Indonesia guna meningkatkan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia," ujar Dispriansyah. -rls