Cegah Corona, Pjs Bupati Siak Sosialsasi Disiplin Non Yustisi Protokol Kesehatan


Selasa, 13 Oktober 2020 - 08:44:34 WIB
Cegah Corona, Pjs Bupati Siak Sosialsasi Disiplin Non Yustisi Protokol Kesehatan Pjs Bupati Siak, Indra Agus Lukman memasangkan masker kepad warga yang melintas di jalan dalam Kota Perawang, Kecamatan Tualang

RIAUIN.COM- Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman melaksanakan sosialisasi tentang Penindakan disiplin Non Yustisi Protokol Kesehatan Covid 19 kepada Masyarakat yang tidak menggunakan Masker. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Jalan Lintas  Kota Perawang depan Pos Dishub Perawang, Selasa (13/10/2020).

Satu persatu kendaraan yang melintas di jalan dalam Kota Perawang terpaksa diberhentikan tim Yustisi,  karena pengendara dan penumpangnya tak menggunakan masker. 

Aksi tersebut terkait sosialisasi Perda No. 4 Tahun 2020, tentang Penanganan Penyakit Me ular di Kabupaten Siak dan Penindakan Non Yustisi Protokol Kesehatan Covid 19.

Tim terdiri dari Dinas Perhubungan, Satpol PP Kab Siak, Polisi,TNI serta Dinas Kesehatan. 

"Bagi pengendara yang tidak memakai masker,maka akan diberikan Sanksi baik berupa teguran maupun denda.untuk Denda dikenakan sebesar Rp200.000. 

"Saya berterimakasih kepada seluruh Stakeholder yang mendukung dalam penegakan disiplin protokol kesehatan.yang jelas,langkah yang akan diambil yaitu untuk membatasi Pengembangan dari Wabah Covid 19 di Tualang ini," Kata Pjs Bupati Siak Indra.

Dia mengingatkan masyarakat agar selalu mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker, agar bisa mencegah penularan Covid-19 yang masih meningkat, khususnya di Kecamatan Tualang.

Kecamatan Tualang, dalam waktu dekat akan melaksanakan Pembatasan Sosial Bersekala Kecil (PSBK), sehingga diperlukannya sosialisasi kepada masyarakat terkait penegakan protokol kesehatan.

"Tentunya nanti ada beberapa hal secara teknis melalui Satgas terhadap penegakan disiplin protokol kesehatan. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat senantiasa selalu menggunakan masker serta memahami pentingnya mentaati protokol kesehatan di manapun berada. InsyaAllah bukan berarti kita mengasingkan Kecamatan Tualang, tetapi ingin mencontohkan di Kecamatan Tualang terhadap penerapan PSBK. Dengan harapan agar penyebaran virus Covid-19 mampu di minimalisir. Saya yakin, semuanya akan siap untuk itu," ujarnya. 

Turut Hadir dalam kegiatan itu,  Kapolres Siak, Kajari Siak,Wakil Ketua ll DPRD Kabupaten Siak Androy, Sekretaris Daerah Kab Siak Arfan Usman, Asisten Pemerintahan dan Kesra Budhi Yuwono, Kadis Kesehatan serta Camat Tualang.-vie