Helm ala ''Robocop'' Disiapkan Polres Inhu untuk Kawal Tahapan Pilkada


Senin, 12 Oktober 2020 - 16:27:11 WIB
Helm ala ''Robocop'' Disiapkan Polres Inhu untuk Kawal Tahapan Pilkada

RIAUIN.COM -- Pihak Polres Indragiri Hulu (Inhu) menyiapkan helm pintar atau smart helmet yang pernah muncul di film Hollywood ''Robocop'' untuk mengawal proses tahapan Pilkada di daerah itu.

Menurut Kapolres Inhu AKBP Efrizal, helm ala Robocob ini sebenarnya untuk langkah antisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19). 

"Helm ini akan kita gunakan secara maksimal saat tahapan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah, Red) Inhu,'' katanya di Kota Rengat, Senin (12/10/2020).

Saat memperkenalkan atribut tersebut, orang nomor satu di Polres Inhu ini didamping beberapa pejabat utama (PJU) serta PS Paur Humas Aipda Misran.

Efrizal menjelaskan, helm canggih ini dilengkapi dengan sistem komputerisasi, kamera sama layar khusus, jadi ketika digunakan, pada kaca penutup helm akan terpampang suhu tubuh setiap manusia yang terjangkau oleh kamera.

Bahkan dari jarak jauh pun helm pintar itu bisa mendeteksi suhu tubuh manusia. Tingkat akurasi dari pantauan suhu tubuh helmet ini di atas 90 persen.

"Helm ini juga bisa dikontrol lewat jam tangan khusus dan handphone Android," terangnya.
Kapolres menambahkan, pengadaan helm pintar ini bukti jika Polres Inhu sangat mendukung terlaksananya Pilkada yang aman, kondusif dan sehat, bisa menekan penyebaran Covid-19.

''Jadi, jika nanti ada petugas yang datang dengan berpakaian lengkap dan memakai helm seperti film "Robocop", maka jangan takut, itu adalah anggota kami,'' kata Efrizal seraya tersenyum. 

Personil yang mengenakan helm ala Robocop ini nantinya, imbuh Kapolres, hanya mengamankan orang yang bersuhu tubuh lebih dari 37 derajat Celcius. Orang itu nanti akan dibawa di Pos Kesehatan atau Pos Penanggulangan Covid-19.-tra