Alfedri Janji Bangun Sentral Pengolahan Nenas di Sungai Apit


Jumat, 02 Oktober 2020 - 21:59:52 WIB
Alfedri Janji Bangun Sentral Pengolahan Nenas di Sungai Apit

RIAUIN.COM - Calon Bupati Siak Alfedri berjanji akan membangun sentral pengolahan nenas di Kecamatan Sungai Apit, jika dirinya kembali dipercaya mengemban amanah membangun Negeri ''Istana Matahari Terbit'' itu.

Janji itu diungkapkan Alfedri ketika melakukan kampanye terbatas di Dusun II Kampung Baru, Tanjung Kuras, Kecamatan Sungai Apit. Bahkan sebelum menggelar kampanye dialogis, dia sempat diundang salah seorang warga pendukungnya bernama Arisman untuk melihat kebunnya.

Tanpa canggung, petahana ini langsung mengayunkan parang ke rumpun nenas. Seolah memang biasa bertani, Alfedri pun ditebas pas di pangkal tandannya.

Alfedri mengakui, wilayah Kecamatan Sungai Api memang potensi untuk dikembangkan kebun nenas. Saat ini saja diperkirakan luas kebun nenas mencapai 1400 hektare. Setiap hari, petani nenas dapat memanen 20 ton buah nenas. Pangsa pasarnya tidak hanya Riau dan beberapa provinsi tetangga, tetapi dikirim juga ke Pulau Jawa.


“Komoditas nenas ini potensinya sangat menjanjikan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,'' tuturnya.

Oleh sebab itu, jauh jauh hari dirinya sudah ada rencana untuk mengembangkan kawasan itu untuk sentra produksi nenas. Bahkan dirinya sudah membuat rencana kerja atau Detail Enggineering Design (DED)-nya. Bahkan untuk pengembangan kawasan ini nanti, pihak Kementerian Perindustrian sudah meminta disiapkan lahan 5-10 hektare.  

''Insha Allah jika kami dipercaya kembali memimpin, kami akan mewujudkan rencana ini menjadi prioritas untuk direalisasikan,'' pungkasnya. --tra