Wako Zul As Terima Pin Emas PWI Riau


Selasa, 09 Mei 2017 - 13:12:43 WIB
Wako Zul As Terima Pin Emas PWI Riau
DUMAI, Riauin.com - Wali Kota Dumai Zulkifli As menerima anugerah Pin Emas dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau karena dianggap berjasa dan memiliki rasa kepedulian dalam memajukan pers di Riau.

Pin Emas diserahkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Riau Yogi Getri mewakili Gubernur Arsyadjuliandi Rachman dalam acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Riau 2017 di Kota Dumai, Minggu.

Ketua Panitia HPN Riau Eka Putra Nazir mengatakan, pin emas diberikan kepada orang atau tokoh dianggap memiliki peran besar dalam memajukan pers di Riau sehingga hubungan media dengan pemerintah terjalin baik.

"Anugerah pin emas tahun ini diberikan juga kepada ketua pwi riau dheni kurnia karena perannya dalam perkembangan dan kemajuan media massa di riau," kata Eka.

Sejumlah tokoh berpengaruh di Riau juga mendapat PWI Award 2017 karena dinilai sangat mendukung kegiatan jurnalistik wartawan dan bekerjasama baik dengan media massa.

Diantaranya Penjabat Wali Kota Pekanbaru Edward Sanger, Bupati Kuantan Singingi Mursini dan Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata serta GM Kawasan Industri Dumai Tenang Sembiring.

Selain itu, sebanyak 30 orang wartawan senior dengan masa pengabdian diatas 20 tahun juga menerima anugerah penghargaan dari PWI Riau, kemudian enam wartawan berhak atas hadiah uang karena berhasil keluar sebagai juara dalam lomba karya tulis jurnalistik.

Eka menambahkan, serangkaian kegiatan digelar dalam rangka peringatan HPN Riau, diantaranya, uji kompetensi wartawan di dua tempat yakni Dumai dan Pekanbaru dengan peserta ratusan wartawan dari berbagai media massa.

Kegiatan lain, safari jurnalistik puluhan wartawan Pekanbaru mengunjungi dua lokasi di Kota Dumai, yaitu Bandar Bakau Mangrove dan Kawasan Industri Pelintung di Kecamatan Medang Kampai.

Puncak peringatan HPN diisi juga dengan jalan sehat bertema 'Kick Out Hoax' dan deklarasi pernyataan ikrar seluruh ketua PWI kabupaten kota di Provinsi Riau untuk menolak berita hoax atau bohong.

Ikrar anti hoax ini menurut Ketua PWI Riau Dheni Kurnia merupakan tindak lanjut dari dibentuknya jaringan wartawan anti hoax (Jawah) yang telah dikukuhkan di Istana Negara beberapa waktu lalu.

"Tanggal 7 mai ini kita sepakati hari riau anti hoax dan seluruh wartawan sudah berikrar akan menjaga profesionalisme dan keutuhan negara dengan tidak menyebarkan berita bohong," kata Dheni.

Ketua PWI Dumai Kambali menyatakan rasa puas dan bangga karena pelaksanaan puncak peringatan HPN Riau di Dumai berlangsung dengan sukses, semarak dan meriah karena dihadiri sejumlah tokoh penting di Riau.

"Berkat kerja keras seluruh wartawan dan dukungan mitra kerja akhirnya pelaksanaan puncak peringatan hari pers nasional di dumai berjalan baik dan sukses, tentu saja ini menjadi kebanggaan kita semua," sebut Kambali.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua DPRD Dumai Zainal Abidin, Kapolres Dumai AKBP Donald H Ginting, Bupati Pelalawan HM Harris, Penjabat Wali Kota Pekanbaru Edwars Sanger, Bupati Kuansing Mursini, Bupati Rokan Hilir Suyatno, Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryodan Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata serta tamu undangan lain. (mcr)