Tinjau RSUD dan Tempat Isolasi OTG, Pjs Bupati Kuansing Semangati Tim Medis


Ahad, 04 Oktober 2020 - 15:57:17 WIB
Tinjau RSUD dan Tempat Isolasi OTG, Pjs Bupati Kuansing Semangati Tim Medis Roni Rahmat, Pjs Bupati Kuansing

RIAUIN.COM - Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Roni Rakhmat, memberikan dukungan penuh kepada tenaga medis dalam penanganan pasien Covid-19.

Hal itu disampaikan Pjs Bupati Roni usai melakukan kunjungan ke tempat penanganan pasien Covid-19, yakni RSUD Telukkuantan dan Puskesmas Sentajo Raya serta Gedung Uniks yang akan dijadikan RS alternatif, Kamis (01/10).

"Tenaga medis harus tetap semangat dan kreatif. Misalnya, dengan memberikan kegiatan-kegiatan yang membuat pasien jadi semangat dan gembira, namun tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan tenaga medis," ujar Pjs Bupati Roni.

Dikatakan Pjs Bupati Roni, Pemkab Kuansing sedang menyiapkan Gedung Uniks sebagai RS alternatif untuk penanganan pasien tanpa gejala. Nantinya, seluruh pasien tanpa gejala tidak lagi menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Pasien tanpa gejala akan kita isolasi di Gedung Uniks, supaya lebih mudah dalam penanganannya. Sebab, isolasi mandiri tidak menjamin bahwa mereka tidak keluar rumah. Jika mereka tak disiplin menjalani isolasi mandiri, kita khawatir akan muncul kasus baru. Kemudian, untuk memutus mata rantai akan sulit," ujar Pjs Bupati Roni.

Dalam kesempatan itu, Pjs Bupati Roni bertemu dengan tenaga medis. Ia memberikan semangat kepada tenaga medis yang bertugas sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 di Kuansing.

"Tetap kuat dan selalu perhatikan protokol kesehatan, kenakan APD yang lengkap setiap kali penanganan dan tetap kuat," ujar Pjs Bupati Roni berpesan ke tenaga medis.

Untuk diketahui, kapasitas Ruang Pinere RSUD Telukkuantan hanya untuk 16 orang, delapan bed untuk pasien positif dan 8 bed disiapkan untuk pasien suspek.

Hingga saat ini, jumlah kasus positif di Kuansing sebanyak 145 kasus. Dimana, 10 orang menjalani perawatan, 21 orang menjalani isolasi mandiri, 111 orang sembuh dan tiga orang meninggal.

Seiring meningkatnya kasus positif di Kuansing, gugus tugas menjadikan Puskesmas Sentajo Raya sebagai tempat isolasi pasien tanpa gejala. Karena kapasitas juga terbatas, Gedung Uniks akan dijadikan ruang isolasi OTG. - advetorial