Temui Kabag Kesra, Mahasiswa Meranti Pertanyakan Beasiswa


Kamis, 01 Oktober 2020 - 09:46:50 WIB
Temui Kabag Kesra, Mahasiswa Meranti Pertanyakan Beasiswa Mahasiswa foto bersama usai melakukan pertemuan dengan Kabag Kesra.

RIAUIN.COM - Sejumlah mahasiswa dari Kabupaten Kepulauan Meranti mempertanyakan kejelasan beasiswa dari pemerintah daerah. Mereka menemui Kabag Kesra Pemkab Meranti Abu Haniffah sekira pukul 08.30 WIB, Rabu (30/9/2020).

Sutris, salah seorang mahasiswa yang ikut pada pertemuan kembali mempertanyakan apakah beasiswa itu ada, dan kapan akan dicairkan Pemkab Meranti.

Hak yang sama juga disampaikan Firman. Sebagai perwakilan  mahasiswa, dia berharap ada kepastian dari Pemkab terkiat beasiswa tersebut. 

"Jangan sampai ini janji manis saja yang diberikan kepada kawan-kawan mahasiswa, karena ditengah pandemi ini banyak orang tua merasa berat membayar biaya kuliah, apalagi sistem  perkuliahan secara daring ini," kata Firman.

Dikatakannya, Pemkab Meranti sudah sering menyampaikan program beasiswa. Awalnya dibuka pada bulan Maret dan April 2020, lalu dibuka lagi sampai 14 Agustus 2020. 

"Makanya mahasiswa Meranti meminta kejelasan terkait beasiswa tersebut. Kenapa bisa terjadi perpanjangan?  Anehnya sampai sekarang belum adanya kejelasan," ujarnya. 

Kabag Kesra yang merangkap Kabag Ekonomi Setdakab Meranti Abu Haniffah menegaskan tidak ada yang namanya beasiswa di Meranti. Namun, dana bantuan bagi mahasiswa berprestasi dan beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu. 

"Jadi, di Meranti tak ada beasiswa, tapi   bantuan dana pendidikan untuk mahasiswa," ujar Abu.

Terkait bantuan dana pendidikan itu, Abu memastikan akan dicairkan setelah APBD Perubahan disahkan.

"Pak Bupati sudah menyampaikan langsung kepada saya dan ini semuanya bisa diketahui setelah APBD-P disahkan DPRD Kepulauan Meranti nantinya. Terkait besar anggarannya nanti akan ditentukan sesuai keadaan kas daerah kita," ujarnya.

"Insya Allah, di awal bulan November 2020 sudah bisa diketahui," tambahnya.

Terkait adanya perpanjangan beasiswa dikarenakan kondisi Covid-19, sehingga semuanya terkendala dan anggaran harus terfokus kepada penangganan Covid-19. Makanya terjadi pergeseran anggaran di tahun 2020, terkait kepastian pencairan tergantung kiriman dari pusat, cukup atau tidak akan dibagikan kepada semua elemen yang ada di Kepulauan Meranti. 

Pada akhir pertemuan, Koordinator Mahasiswa Sutrisno, Firman, Ilham, Sang Swito dan Hadi mengajak seluruh kawan-kawan mahasiswa agar sama-sama berdoa untuk mewujudkan Kabupaten Meranti yang melahirkan SDM unggul lewat pendidikan dan beasiswa yang diberikan Pemkab.--syah.