Provinsi Risau, Buku Sastra Modern Pertama yang Gunakan Tulisan Arab Melayu


Selasa, 22 September 2020 - 19:15:48 WIB
Provinsi Risau, Buku Sastra Modern Pertama yang Gunakan Tulisan Arab Melayu Cover buku Provinsi Risau

RIAUIN.COM - Tanah Riau tidak pernah kering menumbuhkan penyair. Kalimat tersebut diucapkan oleh Sastrawan Asia Tenggara penulis novel mega best seller Ayat-Ayat Cinta, Habiburrahman El Shirazy. 

Hal itu dia sampaikan dalam buku “Kumpulan Puisi dan Cerita Pendek: Provinsi Risau” yang akan terbit pada Rabu (23/9/2020). Buku Provinsi Risau adalah sebuah buku sastra modern pertama yang sepenuhnya menggunakan tulisan Arab Melayu. 

Buku ini di tulis oleh Don Al Amri Raja Muda, seorang peminat sastra dan pencinta budaya Melayu. Provinsi Risau terdiri dari 15 judul puisi dan 6 judul cerita pendek yang keseluruhannya di tulis dengan tulisan Arab Melayu.

Motivasi penulis membuat buku ini adalah untuk melestarikan tulisan Arab Melayu yang semakin tergerus oleh zaman. Menurutnya, tulisan Arab Melayu merupakan budaya asli nusantara, tetapi tulisan Arab Melayu jarang digunakan oleh orang Melayu.

Habiburrahman El Shirazy atau yang lebih akrab disapa Kang Abik juga menambahkan, selain ditulis dengan tulisan Arab Melayu, puisi-puisi yang ada di dalam buku ini kental dengan rima dan langgam Melayu, sehingga mengingatkan kita pada karya-karya pujangga Melayu klasik.

Rida K Liamsi, penyair dan pengusaha Riau juga menyampaikan hal yang senada. Menurut Rida K Liamsi, puisi-puisi dalam buku ini tetap berakar pada tradisi dan kultur Melayu, sehingga kita masih merasakan sentuhan pantun, syair dan sindiran. 

Rida K Liamsi juga menambahkan bahwa siapa sangka buku Provinsi Risau ini ditulis oleh seorang akuntan yang biasa duduk di belakang meja dan terbiasa dengan angka-angka, namun mampu menulis puisi-puisi yang mengandung sarkasme.

Buku ini juga mendapatkan apresiasi dari Dr Makmur Harun, seorang dosen dan peneliti dari Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia. Beliau yang juga sudah lama berkutat dalam bidang penulisan Arab Melayu, memuji langkah berani seorang Don Al Amri alias Dr Donal, seorang doktor bidang akuntansi yang berani memulai dan menerbitkan antologi puisi dan cerpen dengan sepenuhnya menggunakan tulisan Arab Melayu.

Buku ini diharapkan dapat membangkitkan semangat pencinta seni dan budaya Melayu, khususnya para penulis dan para penyair tanah Melayu untuk menerbitkan karya-karya mereka dengan menggunakan tulisan Arab Melayu, pungkas Don Al Amri.

Buku Provinsi Risau diterbitkan oleh Pustaka Amanah dan sudah dapat dipesan melalui IG: @donaldevi dan Telegram: +6281261354984. - rls