Riau 5 Besar Nasional, Dewan Pers Gelar Webinar Sosialisasi Survei Index Kemerdekaan Pers


Senin, 21 September 2020 - 15:53:20 WIB
Riau 5 Besar Nasional, Dewan Pers Gelar Webinar Sosialisasi Survei Index Kemerdekaan Pers Kadis Komunikasi dan Informatika Pemprov Riau Chairul Rizki mengikuti webinar Dewan Pers.

RIAUIN.COM - Dewan Pers menggelar webinar sosialisasi survei index kemerdekaan pers tahun 2020 melalui virtual zoom meeting di ruang Riau Comand Center (RCC), Senin (21/9/2020). 

Ketua Dewan Pers  Muhammad Nuh mengatakan, tujuan dari adanya kemerdekaan pers adalah untuk meningkatkan kualitas dan memenuhi janji kemerdekaan.

"Pers harus menjadi penyejuk bukan menjadi pemanas," ungkapnya.

Selaku dewan pers, M Nuh mengapresiasi Provinsi Riau atas pencapaiannya menjadi peringkat lima besar secara nasional dalam index kemerdekaan pers. 

"Saya menyampaikan atas nama dewan pers mengucapkan selamat kepada semua keluarga besar Provinsi Riau serta seluruh elemen dan pemangku kepentingan atas ikhtiarnya selama ini, sehingga Riau termasuk yang bagus yakni 81,22," jelasnya.

Kemudian, ia juga mengajak masyarakat khususnya insan pers untuk terus menyuarakan kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan membangunkan optimisme publik.

Untuk diketahui, hasil survei index kemerdekaan pers tahun 2020 berlangsung dari bulan Januari sampai bulan Desember tahun 2020. Kegiatan ini telah berlangsung secara rutin sejak tahun 2016.

"Survei ini digunakan untuk mengukur sejauh mana kemerdekaan pers yang dinikmati sejak era reformasi di tanah air, yang menjadi acuan dalam survei adalah UU No 40 Tahun 99 dan kode etik jurnalistik," terangnya.

Acara sosialiasi survei indeks kemerdekaan juga dihadiri oleh beberapa narasumber, diantaranya Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi pers-Dewan Pers, Ahmad Djauhar, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Riau, Chairul Riski, Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang.--mcr/nal.