Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, Pemda Harus Siapkan Hotel untuk Isolasi Mandiri


Senin, 21 September 2020 - 14:27:01 WIB
Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, Pemda Harus Siapkan Hotel untuk Isolasi Mandiri Doni Monardo.

RIAUIN.COM - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional Doni Monardo mengatakan, bagi daerah yang terjadi lonjakan pasien positif Corona (Covid-19) harus menyiapkan hotel untuk isolasi mandiri.

Doni mencatat, ada 8 provinsi di pulau Jawa ditambah Banten, Bali, Aceh, Riau dan Kalimantan Timur yang saat ini mengalami peningkatan. Pemerintah daerah (Pemda) harus mempersiapkan hotel untuk pasien Covid-19 ini.

"Hotel harus dipersiapkan untuk masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19," kata Doni Monardo saat rapat koordinasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang dilakukan secara virtual, Minggu (20/09/2020) malam.

Terkait persiapan hotel untuk antisipasi, lanjutnya, jika ternyata yang telah disediakan pemerintah daerah tidak lagi mampu menampung pasien, maka perlu kewaspadaan dan mempersiapkan agar mempermudah dalam penanganan.

"Kita harapkan hotel dapat digunakan untuk isolasi mandiri bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 ringan atau orang tanpa gejala," ujarnya.

Isolasi mandiri yang dilakukan merupakan upaya dalam mengatasi penularan Covid-19 dan supaya yang terkonfirmasi tidak menulari ke yang lainnya.

"Banyak sekarang pasien tanpa gejala, jadi perlu kewaspadaan kita agar tidak tertular dan yang terkonfirmasi positif tetapi tidak bergejala. Ya salah satunya dengan cara isolasi mandiri," tuturnya.

Untuk itu diperlukan kerjasama antara dinas kesehatan dan juga Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan unsur-unsur lain yang terkait termasuk TNI dan Polri dalam menyiapkan akomodasi bagi masyarakat terkonfirmasi positif Covid-19 namun tanpa gejala.

Rapat tersebut diikuti Gubernur Riau, Syamsuar didampingi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya, Asisten I Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting, Asisten III Provinsi Riau Syahrial Abdi, Danrem 031/Wira Bima Syech Ismed, Wakapolda Riau Tabana Bangun, Kadiskes Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Kadiskominfo Riau Chairul Rizki, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Riau Indra Yovi, Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Nuzelly Husnedi.--mcr/nal.