Cegah Penularan Corona, Inhil akan Berlakukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro


Rabu, 16 September 2020 - 20:34:59 WIB
Cegah Penularan Corona, Inhil akan Berlakukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro Gambar ilustrasi virus Corona./foto:detikcom.

RIAUIN.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyambut baik adanya keseriusan dari pemerintah daerah untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) guna mencegah penyebaran Corona (Covid-19). Setelah Pekanbaru yang mulai melaksanakan 15 September kemaren, Kabupaten Inhil sedang mematangkan pelaksanaan PSBM di daerahnya.

"Pembatasan Sosial Berskala Mikro nanti kami akan mendapatkan laporannya dari yang sudah menjalankan yakni Kota Pekanbaru. Untuk kabupaten kota lainnya seperti Indragiri Hilir, mereka sedang mematangkan pelaksanaan PSBM," kata Syamsuar, Rabu (16/9/2020).

Selain PSBM, Pemprov Riau juga bekerjasama dengan Polda Riau dalam rangka Operasi Yustisi selama dilaksanakan PSBM tersebut.

"Operasi Yustisi kita lakukan. Hal ini dalam rangka menegakkan disiplin dan kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker," terang Syamsuar.

Lebih lanjut, Gubernur Riau juga telah menyiapkan ruang isolasi untuk pasien Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG). 

"Ini tinjauan kita guna mempersiapkan mana yang lebih layak untuk tempat isolasi bagi pasien Covid-19 yang bergejala ringan atau orang tanpa gejala. Kita pastikan ruangannya dan tempat tidurnya aman," ujar Gubri.

Gubernur menambahkan selain ruang BPSDM dan Bapelkes Provinsi dan Rusunawa, fasilitas isolasi mandiri di hotel dipersiapkan agar yang lebih siap bisa langsung dimanfaatkan untuk pasien Covid-19 OTG yang sudah banyak saat ini.

"Semua yang kita lakukan ini merupakan upaya agar memutus mata rantai virus Corona di Provinsi Riau yang kita cintai ini," pungkasnya.--mcr/nal.