Tim Satgas Covid-19 Riau Harus Punya Target Menurunkan Jumlah Kasus dan Angka Kematian


Selasa, 15 September 2020 - 14:18:07 WIB
Tim Satgas Covid-19 Riau Harus Punya Target Menurunkan Jumlah Kasus dan Angka Kematian dr Indra Yovi.

RIAUIN.COM - Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Riau terus mengalami lonjakan sejak sebulan terakhir. Hal ini tentunya berdampak pada tim kesehatan yang kewalahan dalam menangani pasien di sejumlah rumah sakit.

"Kami perkirakan kasus 200 per hari itu di bulan Oktober, namun di awal September sudah terjadi penambahan 200, berturut-turut dua kali," kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Riau dr Indra Yovi, di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Senin (14/09/2020) malam.

Terkait fenomena itu, Yovi mengajak Satgas mencari solusi, sehingga memiliki target dalam menekan penyebaran penularan Covid-19 di Provinsi Riau.

"Minimal target yang seperti ini, pada bulan Oktober angka penambahan di bawah seratus, intinya harus ada target," ujar dia.

Selain itu, angka kematian akibat Covid-19 masih berada di bawah 2 persen. Dia menyarankan kerjasama antar rumah sakit yang menangani kasus Covid-19 Riau harus dibenahi dengan adanya call center yang menjadi penghubung dalam hal memenuhi kebutuhan pasien agar prosesnya lebih cepat ditangani.

"Harus ada dokter yang bertanggung jawab untuk memberikan arahan hal yang diperlukan seperti dokter A yang bingung pasien anak bagaimana penanganannya, hal seperti ini harus ada yang menyelesaikan," lanjutnya.

Dia menuturkan, pasien tanpa gejala jangan dianggap baik-baik saja. Harus ada kesiapan yang matang dalam melayani pasien isolasi mandiri di tempat yang telah tentukan.

Oleh karena itu, pentingnya target, dengan target utamanya yaitu menurunkan angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 per hari dan juga menekankan angka kematian di Provinsi Riau

"Dua hal itu saja sudah cukup," tambahnya.

"Jika kita hanya mempersiapkan penambahan ruang isolasi namun targetnya tidak ada, ruang isolasi tidak akan pernah cukup. Oleh sebab itu permasalahan ini harus dipikirkan bersama mengenai cara yang harus dilakukan secara tegas, agar penularan wabah ini tidak semakin menyebar," tutupnya.mcr/nal.