Relawan Pilkada Jujur Kabupaten Kuansing Resmi Terbentuk


Rabu, 02 September 2020 - 21:47:12 WIB
Relawan Pilkada Jujur Kabupaten Kuansing Resmi Terbentuk Pembentukan Relawan Pilkada Jujur (RPJ) Kabupaten Kuantan Singingi. | Hendrianto

RIAUIN.COM - Relawan Pilkada Jujur (RPJ), Kabupaten Kuantan Singingi resmi terbentuk, Rabu (2/9/2020). Relawan ini terdiri dari sekelompok mahasiswa Kuansing yang merasa terpanggil untuk mengawasi jalannya proses Pilkada mendatang.

Terwujudnya relawan ini karena disebabkan oleh keresahan mahasiswa terhadap maraknya kegiatan black campain yang terjadi di tengah-tengah masyarakat ketika waktu pemilu sedang berlangsung, seperti money politik, keterlibatan ASN, isu sara, ujaran kebencian yang dapat memecah bela persatuan dan kesatuan.

Boy Nopri Yarko Alkaren selaku ketua Umum menyampaikan bahwa, RPJ ini adalah pemantau pemilu yang sifat nya independent, artinya RPJ ini tidak sedikitpun terafiliasi ke partai politik.

"Dan kami tidak akan tebang pilih ketika melakukan pengawasan. Kemudian Kami juga sudah mengantongi nama-nama oknum  kepala desa yang secara terang-terangan mendukung salah satu balon bupati dan wakil bupati Kuantan Singingi. Dan kami harap bawaslu harus tegas menyikapi persoalan ini," tegas Boy.

Selain mengawasi kandidat atau pun tim pemenenangan kandidat, kata Boy, pihaknya juga juga akan mengawasi penyelenggara pemilu jika ada indikasi mereka bekerja tidak sebagaimana mestinya.

"Karena, jika KPU sebagai penyelenggara dan Bawaslu sebagai badan pengawas tidak mampu melaksanakan tugasnya maka peluang untuk terjadinya konflik itu akan terbuka lebar," ungkap boy.

Boy yang juga merupakan Presiden Mahasiswa Universitas Islam Kuantan Singingi ini juga menegaskan, RPJ kedepannya juga akan melakukan kampanye pemilu jujur di tengah-tengah masyarakat bagaimana dampak jika black campaign di dalam Pemilu .

Sementara Sekretaris RPJ, Gusri Fauzi mengungkapkan, kecurangan seperti money politic bukanlah berkah dalam pemilu, tetapi aib dalam pemilu. 

Kata dia, money politic ibaratkan virus yang sangat mematikan dan menodai kesucian iklim demokrasi. 

"Dan jangan ada yang mempolitisir gerakan kami ini," tegas Gusri.

Ia mengklaim, RPJ adalah pergerakan terbaik yang pernah tercetus dari mahasiswa dan pemuda Kuansing untuk mewarnai Pilkada serentak ini.

Diakui mereka, RPJ ini adalah gabungan dari pemuda dan mahasiswa Kuansing yang bercita cita mewujudkan azas pemilu dalam demokrasi yang baik.

"Pada hakikatnya kita adalah satu dan saling berkomitmen membangun bangsa ini. Dalam acara deklarasi ini, kami bertekad dengan wadah oraganisasi ini akan beristiqomah, berjuang, dan membela kepentingan umum," ujar Edo yang selaku Waka II RPJ. - hen