Bupati Inhil Tetapkan Komisaris dan Direksi PT KIG 2020-2025


Selasa, 25 Agustus 2020 - 21:28:44 WIB
Bupati Inhil Tetapkan Komisaris dan Direksi PT KIG 2020-2025 Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H.M Wardan pimpin rapat dengan PT. Kelapa Indragiri Hilir Gemilang (KIG). | Foto: Istimewa

RIAUIN.COM- Guna mempercepat pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H.M Wardan pimpin rapat dengan PT. Kelapa Indragiri Hilir Gemilang (KIG), Selasa (25/8/2020).

Rapat digelar di kediaman Bupati, dengan agenda penetapan Komisaris Utama, Direktur Utama dan Direktur Operasional PT. KIG, yang telah melewati tahapan seleksi beberapa waktu lalu.

Penyampaian Bupati mengawali agenda rapat, H.M Wardan sebutkan, bahwa P.T KIG adalah BUMD yang baru, karena itu dibutuhkan komitmen dari ketiga calon komisaris dan direksi untuk bersinergi dalam mengembangkan BUMD yang bergerak di industri kelapa ini.

“Saya ibaratkan PT. KIG ini masih embrio, jadi memang perlu kerja keras dari bapak-bapak untuk menghidupkannya,” ujar Bupati.

Pemerintah daerah juga telah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BumDes) di tiap desa  yanga da di Inhil. Kedepannya Bupati berharap, PT. KIG dan BumDes dapat bekerjasama dalam memajukan perkelapaan di Negeri Hamparan Kelapa Dunia.

“Nantinya PT. KIG dan BumDes dapat mengolah kelapa ini, bukan hanya menjual kelapa bulat tapi juga turunannya,” jelas H.M Wardan.

Wakil Bupati Inhil Syamsuddin Uti yang juga hadir ungkapkan, kehadiran PT. KIG adalah upaya untuk mengelola potensi daerah, karena perekonomian masyarakat Inhil bergantung pada perkelapaan.

“Kelapa di Inhil ini banyak, sayang sekalikan kalau orang lain yang mengelolanya,” kata Syamsuddin Uti.

Setelahnya, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari calon Komisaris dan Direksi. Ketiganya mengaku siap dan berkomitmen untuk mengelola PT. KIG. Hal ini dibuktikan dengan penandatanganan kontrak oleh masing-masing calon. 

Rapat dilanjutkan dengan pembacaan berita acara oleh Bupati, yang berisi Penetapan komisaris dan direksi PT. KIG. Berita acara lalu ditandatangani sebagai pengesahan terpilihnya Komisaris Utama, Direktur Utama dan Direktur Operasional PT. KIG tahun 2020-2025. Kemudian, Bupati menyerahkan dokumen perizinan atas pengelolaan Pelabuhan parit 21 Tembilahan.

Adapun nama yang telah ditetapkan sebagai pejabat PT. KIG, yakni Ibnu Utama selaku Direktur Utama, Joni Oktavia sebagai Direktur Operasional dan Hariyanto menjabat sebagai Komisaris Utama.

Menutup rapat Bupati amanatkan kepada pengisi jabatan yang terpilih, bahwa PT. KIG adalah harapan rakyat Inhil untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Oleh karena itu, rasa tanggungjawab dan kerja keras harus selalu dijaga, guna menjalankan roda perusahaan dengan optimal.

“Sekarang ada amanat di pundak bapak-bapak, mohon kerjasamanya. Karena kami dan rakyat Inhil berharap besar kepada PT. KIG ini,” tutup Bupati. -inf/vie