Berkinerja Bagus, Mursini Diinginkan Kembali oleh Masyarakat Jadi Bupati


Senin, 24 Agustus 2020 - 16:13:20 WIB
Berkinerja Bagus, Mursini Diinginkan Kembali oleh Masyarakat Jadi Bupati H Mursini

RIAUIN.COM - Kinerja Bupati Mursini selama memimpin Kabupaten Kuansing terbilang bagus. Bahkan masyarakat merasa cukup puas dengan gaya kepemimpinan beliau selama empat tahun ini.

Banyak faktor yang menyebabkan kepemimpinan beliau semakin disukai masyarakat, diantaranya, beliau dianggap bijaksana dalam mengambil kebijakan.

Salah seorang dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Riau, Adlin, belum lama ini secara terang terangan menyebutkan bahwasanya figur Drs H Mursini, masih cukup relevan memimpin Kuansing lima tahun kedepan.

Alasanya, jika dilihat dari kaca mata personal, Mursini relatif bisa diterima oleh banyak lapisan masyarakat Kuansing. Dari gaya kepemimpinannya yang partisipatif cenderung tidak otoriter.

Bahkan Adlin menyebutkan bahwa, Mursini sangat pantas disebut Bapak Demokrasi.

Tidak hanya itu, menurut Adlin, Ketua DPW PPP Riau itu bahkan mampu mengimbangi gagasan dan ide kritis kaum milenial yang rata-rata masih duduk di bangku perkuliahan.

Adlin melihat, "Kans" Mursini untuk menang pada Pilkada 2020 masih terbuka lebar. "Kalau gaya kepemimpinannya, cukup oartisipatif dan tidak otoriter yang dijalankannya selama ini," pungkasnya.

Senada dengan Adlin, mantan bakal calon Bupati Kuansing 2015 lalu, Imran Chaniago mengapresiasi pencapaian hasil kerja Pemerintahan Kabupaten Kuansing di bawah pimpinan Bupati Mursini. Sebab, mampu menyelesaikan pekerjaan rumah yang terbengkalai dari pemerintah sebelumnya.

Dari beragam persoalan itu, yang paling menonjol terkait utang pembangunan tiga pilar yang ditinggalkan oleh pemerintahan Sukarmis sebelumnya. Nilainya mencapai puluhan miliar rupiah. Ditambah sisa tunggakan uang sertifikasi guru dan dana tambahan penghasilan dengan nilai yang cukup fantastis.

Imran menceritakan bahwa utang pemerintah telah lunas, pembangunan berjalan secara terencana dan terukur. Serta pembangunan tidak hanya menumpuk di satu tempat. 

"Dan ini sebuah keberhasilan yang patut kita syukuri," kata Imran.

Dibawah komando beliau Mursini,  Kuansing juga berhasil merebut dana pusat. Angka ini cenderung naik, bahkan pada tahun 2019 lalu, perolehan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Kabupaten Kuantan Singingi, mengalami peningkatan dibandingkan dengan DAK dan ADD Tahun 2018.

Peningkatan DAK fisik Kuansing tahun 2019 mengalami peningkatan sebesar Rp131 miliar lebih dibandingkan DAK tahun 2018 yang hanya Rp 61 miliar lebih. Berarti mengalami kenaikan dua kali lipat dibanding dari tahun sebeumnya.

Imran mengaku terus mengamati jalannya pemerintahan Mursini selama ini. Ia menilai, pemerintahan Mursini cukup bagus. Target pembangunan berhasil dicapai. 

"Jadi jangan tutup mata dengan keberhasilan pemerintahan beliau,” jelas putra Kenegerian Kari, Kecamatan Kuantan Tengah itu.

Berfasarkan penilaian itu, untuk Pilkada 2020 ini, ia mengaku tidak akan menjadi rival sang bupati. Ia akan mendukung incumbent untuk memimpin Kuansing dua periode.

"Sebab dampak positif pemerintahan nya sudah terbukti. Dan saya juga mendengar suara kebanyakan masyarakat yang menginginkan beliau kembali jadi bupati," tutupnya.

Hal yang sama juga diakui oleh mantan anggota DPRD Kuansing, H Syaifullah Afrianto. Ia melihat  melihat sosok petahana masih memiliki kans besar karena masih banyak yang menyukai pola kepemimpinannya. 

"Terutama kalangan ASN. Mereka merasa nyaman dalam beraktivitas. Gak ada tekanan, apalagi dengan cara-cara otoriter," kata sosok yang akrab disapa Yan Tembak kepada wartawan belum lama ini.

Kendatipun beberapa kandidat lain sudah mulai bergerak, namun popularitas Bupati Mursini masih cukup tinggi. Ia menilai, ada beberapa faktor yang menyebabkan popularitas Mursini tak gampang redup, diantaranya karena kepribadiannya yang baik.

"Figur Mursini masih berada diatas calon-calon lain. Kalau ada yang komplain silahkan komplain. Alasan lain adalah soal kenyaman para ASN dalam bekerja. Dimasa pemerintahan dia, mereka merasa lebih dimanusiakan," tuturnya.

"Saya yakin peluang menang sangat besar," katanya. - hen