Liga Champions: Neymar Bawa PSG ke Final Usai Gulung RB Leipzig 3-0


Rabu, 19 Agustus 2020 - 07:35:48 WIB
Liga Champions: Neymar Bawa PSG ke Final Usai Gulung RB Leipzig 3-0 Ekspresi kemenangan pemain PSG usai membobol gawang RB Leipzig. |AP Photo

RIAUIN.COM - Paris Saint-Germain (PSG) melangkah ke final setelah menang telak 3-0 atas RB Leipzig pada semifinal Liga Champions di Stadion Da Luz, Lisbon, Portugal, Rabu (19/8) dini hari WIB.

Hasil ini membuat PSG menjadi tim pertama yang melangkah ke partai puncak. Les Parisiens menunggu pemenang pertandingan Olympique Lyon vs Bayern Munchen pada Kamis (20/8) dini hari waktu Indonesia.

PSG memulai pertandingan melawan Leipzig dengan baik. Berawal dari umpan terobosan Kylian Mbappe, Neymar nyaris membawa PSG unggul andai sontekannya tidak mengenai tiang gawang Leipzig pada menit keenam.

Dua menit berselang, Mbappe berhasil membobol gawang Peter Gulacsi. Namun, gol itu dianulir wasit karena Neymar dianggap lebih dulu melakukan handball saat coba memblok tendangan Gulacsi sebelum gol tercipta.

Leipzig coba membalas tekanan bertubi-tubi PSG. Peluang didapat Marcel Sabitzer yang melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti tetapi tendangannya masih terlalu lemah dan mudah dijinakkan Sergio Rico.

Gol yang ditunggu-tunggu PSG tercipta pada menit ke-13. Eksekusi bola mati Angel Di Maria disambut sundulan Marquinhos ke pojok kiri gawang untuk mengubah skor jadi 1-0.

Tekanan kembali dilancarkan PSG setelah unggul 1-0. Kali ini peluang untuk memperbesar skor didapat Mbappe tetapi tembakannya dari jarak dekat masih bisa digagalkan Gulacsi.

Leipzig yang mengandalkan serangan balik nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-26. Conrad Laimer melakukan penetrasi dari sayap kanan tetapi umpannya gagal dimaksimalkan Yussuf Poulsen menjadi gol.

Tembakan Poulsen dari jarak dekat hanya berada tipis di samping kiri gawang Rico.

Sepuluh menit jelang babak pertama usai, Neymar punya peluang membawa PSG unggul 2-0. Bintang asal Brasil itu dengan cerdik melepaskan tendangan bebas ke tiang dekat yang mengecoh Gulacsi.

Hanya saja, tendangan Neymar yang tidak mampu dibaca Gulcasi masih mengenai tiang gawang.

PSG baru bisa unggul 2-0 pada menit ke-42. Gol yang memperbesar keunggulan PSG dicetak Angel Di Maria setelah menerima umpan tumit Neymar. Gol Di Maria berawal dari kesalahan Gulacsi saat coba memberikan pemain ke rekan setim.

Skor 2-0 untuk keunggulan PSG atas Leipzig bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, PSG makin sulit dikejar Leipzig di babak kedua. Juan Bernat menempatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan silang Di Maria pada menit ke-57.

Unggul 3-0 tidak membuat para pemain PSG puas. Beberapa peluang didapat Leandro Paredes hingga Mbappe tetapi belum berhasil membuahkan gol keempat.

Sebaliknya Leipzig yang sudah tertinggal jauh hanya sesekali melakukan tekanan termasuk tendangan Emil Forsberg yang masih bisa dibendung Rico. Upaya skuad asuhan Julian Nagelsmann untuk mencetak gol tidak membuahkan hasil dan harus tersingkir dengan kekalahan telak dari PSG.

Susunan Pemain:

RB Leipzig (3-4-2-1): Peter Gulacsi; Lukas Klostermann, Dayot Upamecano, Nordi Mukiele; Konrad Laimer, Kevin Kampl, Marcel Sabitzer, Angelino; Daniel Olmo, Christopher Nkunku; Yussuf Poulsen.

PSG (4-3-3): Sergio Rico; Thilo Kehrer, Thiago Silva, Presnel Kimpembe, Juan Bernat; Leandro Paredes, Marquinhos, Ander Herrera; Angel Di Maria, Kylian Mbappe, Neymar.