Padang Diguncang Gempa M 6,9 Subuh Tadi, Juga Dirasakan di Bengkulu, Palembang dan Jambi


Rabu, 19 Agustus 2020 - 07:05:17 WIB
Padang Diguncang Gempa M 6,9 Subuh Tadi, Juga Dirasakan di Bengkulu, Palembang dan Jambi

RIAUIN.COM - Gempa dengan kekuatan cukup besar kembali mengejutkan warga Kota Padang dan sekitarnya. Gempa berkekuatan Magnitudo 6,9 terjadi pada pukul 05.23 WIB dan Magnitudo 6,8 pada pukul 05.29 WIB.

Akibatnya banyak warga yang berhamburan keluar rumah di khawatir akan terjadi gempa susulan dengan kekuatan lebih besar lagi.

"Saat gempa terjadi kebetulan kami sedang melaksanakan shalat subuh. Saat rakaat pertama terasa guncangan dalam rumah. Tapi saya coba lanjutkan sampai selesai dengan mempercepat bacaan. Setelah selesai, saya dan keluarga keluar segera rumah untuk memastikan keadaan aman kembali," kata Muchtar (44) warga Padang kepada RiauIN.com, Rabu (19/8/2020).

Zerisnita (57), warga Nanggalo, dan beberapa orang lainnya terlihat berlari keluar mushala menuju rumah.

"Ada.gempa tadi. Pas rukuk terakhir tadi sudah terasa goyangannya,” ujar Zerisnita, yang sudah berkumpul dengan sejumlah ibu-ibu lainnya di pinggir jalan depan rumah mereka.

Berdasarkan rilis yang disampaikan BMKG bahwa telah terjadi gempa dengan magnitudo 6.8 sr pada 3.74 LS, 101.56 BT atau 78 km Barat Daya Bengkulu Utara, dengan kedalaman 11 Km.

"Gempa bermagnitudo 6,9 (pukul 05.23 WIB) dan 6,8 (pukul 05.29 WIB) yang berpusat di kawasan Bengkulu juga dirasakan warga di sejumlah kota di Sumatera, Rabu (19/8/2020)," demikian informasi dari BMKG.

Hal itu yang terpantau melalui di media sosial Twitter beberapa saat setelah gempa terjadi. Selain di Bengkulu sebagai pusat gempa, guncangan gempa di antaranya dirasakan juga di Padang (Sumatera Barat), Palembang (Sumatera Selatan), dan Jambi.

"Astafirullahalazim, sampek ke Sekayu dong ke rasa," tulis  @elti_alfira men-reply pernyataaan gempa akun @infoBMKG.

"Aku di palembang ni kerasa banget sampe paniikk," kicau @Novitaprhy_.

Sedangkan akun @rumorofsht menulis, "Nyampe padang".

Sementara itu, BMKG menyebut, gempa magnitudo 6,9 pada pukul 05.23 WIB dirasakan juga di Kepahiang, Liwa, dan Kotabumi.

BMKG juga meminta agar warga berhati-hati dengan gempa susulan. Hindari bangunan yang mudah runtuh atau sudah retak.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui informasi lebih lanjut tentang dampak gempa tersebut. - tra