UMKM Bisa Jadi Sentra Industri Batik Kreatif di Riau


Jumat, 14 Agustus 2020 - 11:56:31 WIB
UMKM Bisa Jadi Sentra Industri Batik Kreatif di Riau

RIAUIN.COM - Bersempena Hari Nasional Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Harnas UMKM) 2020, maka setiap pihak terkait dituntut untuk lebih inovatif dalam mengembangkan usaha produktivitas berkualitas. 

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Riau, Asrul, Kamis (13/8/2020) saat berkunjung ke Galeri Batik Seroja.

“Memasuki era new normal, kita harus bangkit dan berkembang dan mampu berdiri sendiri dengan menghasilkan produktivitas berkualitas”, katanya.

Dijelaskannya, setiap UMKM seperti Batik Seroja harus bisa berkembang dengan menjadi penggerak ekonomi di lingkungannya. Dengan menjadikan pelaku usaha sejenis yang ada disekitarnya menjadi unit-unit produksi. Dengan demikan UMKM ini menjadi Sentra Industri Batik Kreatif di Riau, sesuai yang dikatakan Arniningsih selaku pemilik Batik Seroja.

Ditempat terpisah, Arniningsih mengatakan peran pemerintah khususnya Disperindag Riau sangat diharapkan agar dapat menjadi angin segar bagi pelaku usaha kecil dalam upaya mengembangkan usaha.

“Pemerintah akan selalu menjadi mitra dalam memberikan dukungan serta pembinaan, agar usaha batik di Riau dapat sejajar dengan usaha batik nasional lainnya sebagaimana yang dipaparkan oleh Kadisperindag Riau saat berkunjung di Galeri Batik Seroja “, ujarnya. - fed