ASN Pemprov Riau Bakal Tes Swab Massal 5 Agustus 2020, Target 1.000 Sampel


Jumat, 31 Juli 2020 - 11:08:57 WIB
ASN Pemprov Riau Bakal Tes Swab Massal 5 Agustus 2020, Target 1.000 Sampel Pelaksanaan tes swab massal ASN. Gambar ilustrasi. | F: Tribunnews

RIAUIN.COM - Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di masyarakat, khususnya kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemprov Riau berencana akan menggelar tes swab massal. 

Pelaksanaan tes swab terhadap ASN dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemprov Riau dijadwalkan akan digelar pada tanggal 5 Agustus 202 mendatang. Dinas Kesehatan Riau menargetkan 1.000 sampel pemeriksaan. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, pelaksanaan tes swab tersebut nantinya akan dipusatkan di lapangan upacara galaman Kantor Gubernur Riau. Selain ASN dan THL, masyarakat sekitar juga diperkenankan untuk mengikuti tes swab tersebut.

"Tes swab ini untuk OPD, untuk masyarakat yang lewat kalau ingin tes swab juga silakan. Karena ini juga untuk menjaring masyarakat yang ingin tes swab dan ASN yang ada di lingkungan Provinsi Riau," kata Mimi, Kamis (30/7/2020) di Pekanbaru.

"Targetnya 1000 sampel, tapi nanti kita akan lihat lagi, karena kan ada batasannya juga," tambah Mimi.

Hingga saat ini, kata Mimi, jumlah total sampel swab yang diperiksa oleh laboratorium Biomolekuer RSUD Arifin Achmad, telah mencapai sebanyak 26.365 spesimen. 

Namun demikian, lanjut Mimi, masing-masing kabupaten dan kota diminta tetap dapat meningkatkan jumlah pengiriman sampel swab guna mempercepat penanganan Covid-19 di Provinsi Riau.

"Karena memang di pusat itu mengambil data capaian sampel swab perminggu. Kalau kita lihat kabupaten dan kota memang belum mencapai target, sehingga perlu peningkatan lagi," kata ujar Mimi. - fbh/mcr