Alasan Perbaikan Data, Bansos Kabupaten Kuansing Dipastikan Tak Cair Jelang Idul Adha


Rabu, 29 Juli 2020 - 17:33:50 WIB
Alasan Perbaikan Data, Bansos Kabupaten Kuansing Dipastikan Tak Cair Jelang Idul Adha Napisman, Kadis Sosial Kuansing.

RIAUIN.COM - Bantuan sosial berbentuk uang tunai dari Kabupaten Kuansing dipastikan tidak akan cair menjelang perayaan Idul Adha ini.

Hal ini disebabkan masih ada perbaikan data penerima. Sementara waktu kerja hanya tinggal satu hari lagi menjelang Idul Adha. 

"Gak terkejar lagi. Waktu kerja hanya tinggal satu hari besok," kata Plt Kadis Sosial Kuansing, Napisman via WhatsApp kepada RiauIN.com, Rabu (29/7/2020).

Napisman menjelaskan prihal yang membuat keterlambatan pencairan itu disebabkan oleh beberapa dokumen yang perlu perbaiki.

"Sesuai hasil rapat tadi, masih ada dokumen yang mesti diperbaiki," ujarnya.

Lambannya pencairan Bansos Kabupaten itu tak ayal membuat sebahagian masyarakat merasa kecewa. Apalagi, umat Muslim akan menghadapi Idul Adha. Dimana, kebutuhan rumah tangga menghadapi lebaran tersebut meningkat.

Tak dipungkiri, Bansos Kabupaten yang mereka harapkan selama ini untuk menutupi kebutuhan tersebut ternyata urung dibagikan. 

Menurut catatan Dinas Sosial, penerima Bansos kabupaten tercatat sebanyak 11.937 KK. Sedangkan penerima bantuan dari Kemensos dan BLT DD sudah diterima berulang kali oleh masyarakat.

Belum lama ini, sekelompok warga mendatangi Kantor Desa Jaya, Kopah, Kecamaran Kuantan Tengah, Sabtu (25/7/2020) lalu.

Mereka mempertanyakan bantuan sosial Kabupaten Kuansing yang tak kunjung cair hingga. Warga mendesak agar bantuan itu segera dibagikan sebelum Hari Raya Idul Adha.

Pada hari yang sama, masyarakat Desa Lubuk Ambacang juga mendatangi Kantor Camat Hulu Kuantan. Setidaknya ada sekitar 30 orang yang mengeluhkan hal yang sama. Mereka cukup kecewa karena lambannya pembagian Bansos Kabupaten. - hen