Tak Ada yang Gugup, Peserta Lomba Bercerita Anak Dipuji Kepala Dinas Perpustakaan Riau


Selasa, 28 Juli 2020 - 14:08:09 WIB
Tak Ada yang Gugup, Peserta Lomba Bercerita Anak Dipuji Kepala Dinas Perpustakaan Riau https://youtu.be/pGOzdscU7mU

RIAUIN.COM - Masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan niat dan minat anak-anak usia dini untuk menunjukkan kebolehan mereka dalam bercerita. Ini terlihat saat mereka mengikuti helat Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI Negeri/Swasta Tingkat Provinsi Riau, Senin (28/7/2020) di lantai lll, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Riau. 

Lomba yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya tersebut diikuti sembilan anak perwakilan dari sembilan kabupaten/ kota Se-Riau. 

Salah satu peserta lomba asal Kabupaten Rokan Hilir, Rasya Askira membawakan cerita berjudul, "Putri Hijau" merasa bangga bisa tampil dengan maksimal. Apalagi, Rasya mampu memainkan beberapa karakter dalam penokohan secara baik.

"Senang bisa tampil di lomba ini dan mudah-mudahan bisa dapat prestasi," katanya polos.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Riau Rahimah Erna menjelaskan, lomba ini dilaksanakan setiap tahunnya. Diikuti peserta dari perwakilan kabupaten/kota dan pemenangnya nanti, akan mewakili Riau ke tingkat nasional. 

Dia menjelaskan, lomba ini untuk menggiatkan dan memotivasi kegiatan literasi dalam membaca dan menulis. Jika anak bisa bercerita maka bisa dipastikan, si anak sudah membaca sebuah buku. Meningkatkan budaya menulis. Melalui kegiatan ini tentu saja anak-anak mampu membaca dengan baik, diharapkan pula mampu menulis dan meningkatkan imajinasinya untuk mampu menulis cerita.

"Senang melihat mereka tampil penuh percaya diri dan tak ada yang gugup. Diharapkan anak-anak Riau semakin suka membaca dan menulis serta berprestasi," ujarnya. - fed