Hasil MotoGP Andalusia 2020: Quartararo Menang, Rossi Ketiga


Ahad, 26 Juli 2020 - 19:54:23 WIB
Hasil MotoGP Andalusia 2020: Quartararo Menang, Rossi Ketiga Fabio Quartararo menang MotoGP Andalusia 2020 di Sirkuit Jerez.

RIAUIN.COM - Fabio Quartararo menang MotoGP Andalusia 2020 di Sirkuit Jerez dengan mengalahkan Maverick Vinales dan Valentino Rossi, Minggu (26/7).

Quartararo, Vinales, dan Rossi memimpin di tikungan pertama. Vinales kemudian melakukan kesalahan di tikungan terakhir lap pertama dan membuat Rossi menyodok ke posisi dua.

Quartararo mulai menjauh setelah lap ketiga degnan keunggulan 1,4 detik atas Rossi. Vinales terlihat punya kecepatan lebih bagus, namun gagal melewai The Doctor.

Memasuki lap keenam Quartararo berada di level tersendiri dan unggul hingga 2,8 detik. Duo pabrikan Yamaha terlihat kesulitan untuk menyamai kecepatan pembalap 21 tahun tersebut.

Lap demi lap dilalui Quartararo dengan menambak keunggulan di depan. Memasuki lap sembilan pembalap berjuluk El Diablo itu unggul 3,8 detik atas Rossi.

Vinales semakin kesulitan di lap sembilan. Pembalap asal Spanyol itu sempat disalip Jack Miller, namun kembali merebut posisi ketiga. Sementara Rossi mulai membuka jarak dengan Vinales hingga 0,6 detik.

Vinales benar-benar kehilangan posisi ketiga di lap sepuluh setelah disalip Pecco Bagnaia di tikungan delapan. Di lap 11, Vinales kemudian disalip Miller dan Franco Morbidelli untuk berada di posisi enam.

Rossi kemudian kehilangan posisi dua setelah disalip Bagnaia di lap 12. Rossi mulai kesulitan di lap ini. Selain ditekan Bagnaia, Rossi juga ditekan muridnya yang lain di VR46 Academy yang memperkuat Petronas Yamaha Franco Morbidelli.

Beruntung bagi Rossi, motor M1 yang ditunggangi Morbidelli mengalami masalah di lap-17 dan gagal melanjutkan balapan. Masalah yang sama dialami Rossi di MotoGP Spanyol 2020 akhir pekan lalu.

Bagnaia kemudian juga mengalami kerusakan sepeda motor di Desmosedici di lap ke-20. Kondisi itu membuat Rossi naik ke posisi kedua dan Vinales ketiga.

Menyisakan tiga lap Quartararo sudah unggul 7,5 detik atas Rossi. Persaingan lebih ketat terjadi antara Rossi melawan Vinales di dua lap terakhir.

Quartararo kemudian memastikan kemenangan di MotoGP Andalusia dengan keunggulan atas Vinales dan Rossi.***