Disdik Inhil Masih Terapkan Sekolah Daring di Tahun Ajaran Baru


Senin, 13 Juli 2020 - 17:58:24 WIB
Disdik Inhil Masih Terapkan Sekolah Daring di Tahun Ajaran Baru Foto: Ilustrasi

RIAUIN.COM- Mempedomani Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran tahun ajaran 2020/2021, proses belajar dan mengajar tetap dilakukan secara daring. Hal tersebut sejalan dengan surat edaran Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) terkait pembelajaran pada tahun ajaran baru, tepatnya dimulai pada 13 Juli 2020.

Kepala SDN 032 Tembilahan Masrani mengatakan, pihak sekolah telah menyebarkan informasi melalui grup whatsapp wali murid, bahwa proses belajar dan mengajar tetap dilaksanakan dari rumah. Dirinya juga menambahkan jika pihak sekolah telah menyediakan persiapan untuk memperketat protokol kesehatan di sekolah, seperti menyediakan keran air, menyediakan masker dan handsanitizer. Hal ini  sebagai antisipasi, jika nanti pembelajaran tatap muka sudah diperbolehkan.

“Kita berharap agar Covid-19 cepat berlalu agar proses belajar dan mengajar segera dilaksanakan seperti biasa, mengingat siswa/i SDN 032 Tembilahan sangat antusias ingin masuk sekolah seperti biasanya," ucap Masrani, Senin (13/7/2020).

Sementara itu, kepala SMP Negeri 1 Tembilahan mengungkapkan, hari pertama tahun ajaran baru siswa diminta untuk datang kesekolah hanya untuk melakukan pembagian kelas, pengenalan wali kelas serta pembagian tugas yang akan dikerjakan di rumah. Dirinya mengaku, pertemuan siswa ini dilakukan secara bertahap, guna melakukan pencegahan penularan COVID-19 dikalangan Siswa/i SMP Negeri 1 Tembilahan.

“Untuk hari pertama ini kita hanya pengenalan saja, agar siswa tahu siapa gurunya dan mereka tidak merasa asing terhadap sekolah mereka. Untuk belajar selanjutnya, tetap dilakukan di rumah melalui aplikasi Google Classroom,” jelas Deswanto.

Deswanto juga mengatakan siswa/i yang hadir diwajibkan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum memasuki area sekolah. -mc/vie