Imam Masjid Alfalah Jalan Sumatera Pekanbaru Ditikam OTK, Pelaku Sedang Ikut Rukiyah


Kamis, 23 Juli 2020 - 23:49:53 WIB
Imam Masjid Alfalah Jalan Sumatera Pekanbaru Ditikam OTK, Pelaku Sedang Ikut Rukiyah https://youtu.be/7yltgfM22ko

RIAUIN.COM - Imam Masjid Al-Falah yang berada di jalan Sumatera Pekanbaru, Ustaz Yazid Nasution, ditikam orang tak dikenal (OTK). Perkara ini terjadi saat YN memimpin doa di masjid tersebut usai shalat isya, Kamis (23/07/2020).

Aksi brutal lelaki yang belum diketahui namanya itu, terekam CCTV dan videonya tersebar luas di media sosial. Tanpak lelaki mengenakan baju biru lengan panjang, celana hitam, datang dari ruang penjaga masjid sebelah mimbar.

Pelaku yang menggunakan baju berwarna biru tersebut, mencoba menusuk imam yang sedang berdoa. Tampak pelaku juga ditemani seorang rekannya yang menggunakan baju berwarna hitam serta menggunakan helm. Belakangan diketahui si pemakai helem tersebut adalah sang kakaknya.

Dalam rekaman cctv yang berdurasi 41 detik tersebut, tikaman pertama dari OTK tersebut dapat ditangkis korban. Namun tikaman selanjutnya terlihat mengenai dada kiri sang Imam. Namun, terlihat sang imam masih bisa berdiri setelah kejadian itu terjadi.

Melihat kejadian tersebut, jamaah yang berada di lokasi sontak menyelamatkan korban dan mengejar pelaku yang lari ke arah ruang penjaga masjid.

Dari informasi yang diperoleh awal media, pelaku sempat ikut sholat isya berjamaah. Memang nampak gelagat mencurigakan dari pelaku.

"Ramadhan lalu, pelaku sempat berkonsultasi dan meminta nasehat kepada imam terkait pekerjaan. Tapi dia tak terima saran dari imam. Akhirnya dendam dan berbuat demikian," kata seorang jamaah itu.

Salah seorang jamaah lain, Bobi, menjelaskan bahwa pelaku ini sebelum melakukan aksinya, ia ingin pergi berobat untuk dirukiyah yang ditemani oleh kakak pelaku. Rukiyah adalah pengobatan mengusir jin jahat atau setan yang ada pada diri seseorang menggunakan bacaan ayat suci Alquran.

"Jadi pelaku ini ingin berobat untuk dirukiyah di Masjid Al-Falah. Saat ingin dirukiyah, pelaku ini kabur dan langsung masuk ke dalam masjid untuk mencoba menikam imam menggunakan pisau," cakapnya.

"Pelaku kami amankan bersama-sama, jamaah shalat Isya tadi juga ada anggota kepolisian. Jadi anggota tersebut yang mengamankan pelaku, kalau tidak ada anggota kepolisian mungkin pelaku sudah dihajar oleh massa," kata Robi seperti dilansir Cakaplah.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Kota Pekanbaru AKP Stevie melalui Kanit Reskrim Polsek Kota Pekanbaru Budhi Winarko mengatakan membenarkan adanya peristiwa tersebut.

"Pelaku diduga ingin menusuk imam Masjid Al-Falah. Masih belum tahu motif pelaku melalukan hal itu," katanya.

Dikatakan, saat ini pelaku sudah diamankan ke Mapolsek Kota Pekanbaru untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Demikian pula senjata tajam yang digunakan pelaku juga sudah disita. 

Dari foto yang diperoleh terlihat pisau tersebut dalam keadaan bengkok. Tidak diketahui penyebab bengkoknya pisau yang digunakan pelaku.

"Imam kita baik-baik saja tanpa ada luka, malah pisau yang digunakan pelaku itu bengkok," ujar salah seorang jamaah mencoba menerangkan. - vie