BP2 Riau: Pembangunan TPA Senilai Rp15 M di Kuansing Sudah Sesuai Aturan


Kamis, 23 Juli 2020 - 14:05:16 WIB
BP2 Riau: Pembangunan TPA Senilai Rp15 M di Kuansing Sudah Sesuai Aturan

RIAUIN.COM - Pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kabupaten Kuantan Singingi seluruhnya sudah menjalani proses sesuai prosedur dan aturan yang ada.  

Demikian disampaikan Kepala Balai Prasarana dan Pemukiman (BP2) Wilayah Riau, Ichwanul Ihsan, kepada RiauIN, Kamis (23/7/2020), di Pekanbaru.

Dikatakan, proyek pembangunan TPA senilai Rp15 miliar itu sudah melalui proses lelang terbuka dan tidak ada rekayasa di dalamnya.  

"Sejak dilakukan lelang tender, proyek pembuatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kuansing hingga diserahterimakan kepada Bupati Kuansing, semua dilaksanakan sesuai dengan aturan dan prosedur. Termasuk saat lelang yang kemudian dimenangkan PT NLI yang merupakan kandidat tunggal," ujar Ichwanul.

Proses lelang tender proyek pembangunan TPA di Kuansing melalui pendaftaran perusahaan di LPSE. 

Disinggung aksi demo yang menyorot personal stafnya, Ichwanul Ihsan menyatakan kembali bahwa pihaknya tidak melakukan kesalahan prosedur dan taat aturan. Pihaknya juga sudah menjelaskan ke jajaran Kementerian PUPR di pusat.

"Kami sudah menjelaskan ke Menteri dan Dirjen terkait masalah tersebut," terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pokja TPA Kuansing diduga melakukan kelalaian dalam memutuskan dan memenangkan PT NLI sebagai pemenang lelang dengan nilai Rp15 miliar lebih. Perusahaan ini diduga tidak memenuhi syarat Kemampuan Dasar (KD) untuk mengikuti lelang tersebut.

Belakangan diketahui oknum di PT NLI "memainkan" dokumen agar lolos dan memenangkan lelang tender dengan mengklaim pernah membangun TPA di Bojonegoro, Jawa Timur. Tetapi, klaim itu diduga kuat palsu, setelah pemerintah setempat menyatakan tidak pernah membangun TPA di wilayah Sukorejo. 

Kasus pemalsuan dokumen tersebut masuk tahapan penyelidikan Polda Riau. Saat itu Polda Riau sudah mengirimkan dokumen untuk dipastikan palsu atau tidaknya ke Laboratorium Forensik di Medan, Sumatera Utara. - fbh