Lomba Mendongeng Tingkat Kabupaten Siak

Zuhudia Arroyani, Murid SD Nurul Yakin Kampung Dayun Raih Juara 1


Jumat, 21 April 2017 - 06:37:03 WIB
Zuhudia Arroyani, Murid SD Nurul Yakin Kampung Dayun Raih Juara 1
SIAK, Riauin.com  - Dalam rangka mengembangkan kegemaran membaca dan melestarikan budaya daerah, Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Siak mengadakan Lomba mendongeng/bercerita. Lomba dilaksanakan Selasa 18 April kemaren di Kantor Kantor Taman Baca Afrita Dara Kabupaten Siak. Untuk kategori anak-anak  Lomba bercerita/mendongeng juara 1 diraih oleh Zu’udiya Aroyani, dan Rifa Atillah meraih juara 2 dari Murid SD Nurul Yakin Kampung Dayun, dengan guru pembimbing Suharneng dan Hayati.

Zu’udiya Aroyani, murid SD Nurul Yakin Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, berhasil meraih juara 1 mendongeng kategori anak-anak tingkat SD/MI se-Kabupaten Siak. selain itu juga ada Rifa Atillah meraih juara 2 yang masid dari murid SD Nurul Yakin, Lomba ini di laksanakan di Kantor Taman Baca Afrita Dara Kabupaten Siak, Selasa 18 April 2017 kemaren. Sebanyak 84 orang peserta mewakili kecamatan-kecamatan se Kabupaten Siak, dan berlangsung selama dua hari. Adapun kriteria penilaian lomba pidato dan mendongeng tingkat SD hingga SMA dan umum, antara lain pidato kesesuaian isi dengan tema, sistematikan penulisan, bahasa yang baik dan benar, pidato bahasa melayu yang baik, improvisasi, ketepatan waktu dan lain-lain.

Prestasi Zu’udiya Aroyani mendapat apresiasi dari Pemerintah Kecamatan Dayun yang disampaikan Camat Dayun dan juga Kepala UPTD Pendidikan Dayun. Guru Pembimbing Suherneng SPd mengatakan, keberhasilan Zu’udiya Aroyani ini tidak lepas dari usahanya mengikuti latihan yang hanya dua hari, karena tanpa latihan dan persiapan yang mantap, semua kegiatan tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sementara Kepala SD Nurul Yakin,  Mauliza Elina, S.Ag saat dikonfirmasi riauin, Kamis (19/4/2017) diruang kerjanya mengatakan bahwa ia mengucapkan selamat kepada Zu’udiya Aroyani meraih juara 1 yang telah berhasil membawa kemenangan dan dapat mengharumkan nama Kecamatan Dayun pada umumnya dan pada khususnya SD Nurul Yakin, sehingga dengan kemenangan ini akan memotivasi murid lain untuk lebih bersemangat mencapai prestasi-prestasi lainnya. selain itu dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada guru pembimbing Suharneng yang telah melatih murid SD Nurul Yakin, sehingga menghasilkan murid yang berpotensi.

‘’Kami juga berterimakasih kepada pihak terkait yang telah menyelenggarakan lomba mendongeng, semoga dengan iven seperti ini dapat menumbuhkembangkan minat baca perserta didik pada umumnya dan pada khususnya di SD nurul Yakin. walauun di sekolah kami ini bayak sekali keterbatasan buku bacaan yang terutama di perpustakaan kami ini namun kami tetap berusaha agar anak dapat tampil semaksimal mungkin. dan juga kami berharap kepada Pemerindah Daerah Kabupaten Siak agar dapat memberikan bantuan berupa buku-buku bacaan untuk sekolah kami ini, dengan demikian pemanfaatan perpustkaan sekolah lebih maksimal lagi,’’ katanya.

Ucapan yang sama juga disampaikan Camat Dayun I Wayan W Wiratama dan Kepala UPTD Pendidikan Dayun Drs Sugianto.

‘’Selamat kepada Zu’udiya Aroyani, murid SD Nurul Yakin Kampung Dayun, Kecamatan Dayun yang telah memenangkan lomba mendongeng tingkat Kabupaten Siak yang telah mengangkat nama sekolah, yaitu SD nurul Yakin, Kampung Dayun, Kecamatan Dayun.
Kami berikan apresiasi dan dengan adanya lomba mendongeng diharapkan bisa menambah pengetahuan peserta didik tentang budaya Melayu,’’ pesan camat. ( Fer )