Warga Pasar Bawah Pekanbaru Bakal Tes Swab Massal, Targetkan 500 Sampel


Jumat, 17 Juli 2020 - 10:11:38 WIB
Warga Pasar Bawah Pekanbaru Bakal Tes Swab Massal, Targetkan 500 Sampel Pelaksanaan tes swab massal oleh tim medis Covid-19. Foto ilustrasi. | F: Internet

RIAUIN.COM - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Riau menyasar Pasar Bawah Pekanbaru untuk pelaksanaan awan massal. Kegiatan yang  menargetkan 500 sampel dijadwalkan akan digelar pada tanggal 23 Juli 2020 mendatang. 

Hal tersebut, disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir usai menggelar konferensi pers di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Kamis (16/7/2020). 

"Target kita 500 sampel dari pelaksanaan tes swab massal di Pasar Bawah tanggal 23 Juli mendatang," kata Mimi. 

Lebih lanjut Mimi mengatakan, tes swab yang digelar di pusat pasar itu dilakukan dalam rangka meningkatkan capaian pemeriksaan sampel di Laboratorium Biomolekuer RSUD Arifin Achmad yang selama ini masih berada dibawah target.

"Swab massal ini juga kita laksanakan dalam rangka peringatan HUT Riau sampena HUT RI. Di mana, dalam pelaksanaanya kita berkolaborasi dengan organisasi persatuan wanita, di antaranya Kelompok PKK, Persatuan Dharma Wanita dan BKOW," terang Mimi. 

Untuk waktu pelaksanaan tes swab tersebut, sebutnya, nantinya akan berlangsung mulai dari pukul 8.30 WIB hingga sore hari, menjelang pelaksanaan ibadah shalat Ashar.

"Untuk hasil pemeriksaan sampel akan kita umumkan dua sampai tiga hari setelah pelaksanaan kegiatan," tukas Mimi. - gha/mcr